Di mata sebagian besar siswa, fisika adalah sebuah mata pelajaran yang menakutkan, serius dan banyak rumus yang harus dihafal
Hal ini tentu saja tidak bisa dipungkiri karena memang kenyataannya demikian adanya.
Namun sudah menjadi tugas bagi seorang guru untuk dapat mengemas materi itu agar menjadi mudah dipahami dan diingat oleh siswa.
Sehubungan dengan ada banyaknya rumus yang harus dihafalkan, saya teringat akan sebuah metode lama yang menggunakan lagu sebagai alat bantu menghafal.
Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami ketika diajak guru kita untuk menyanyi lagu "Twinkle - Twinkle Little Star", tetapi syairnya diganti dengan abjad A,B,C,D,E,F,G, ....X,Y,Z. Dengan cerdiknya guru kita menautkan masing - masing abjad itu ke setiap nada dalam lagu tersebut.
Dan setelah menyanyikannya beberapa kali, tanpa sadar kita menjadi hafal dengan sendirinya keseluruhan abjad latin dari A sampai Z.
BAGAIMANAKAH DENGAN MATA PELAJARAN FISIKA?
BAGAIMANAKAH DENGAN MATA PELAJARAN FISIKA?
- Apakah bisa rumus - rumus dalam fisika diubah menjadi sebuah lagu?
- Bagaimana cara melaksanakan pengajaran fisika dengan lagu?
Dalam postingan ini saya ingin berbagi pengalaman sehubungan dengan hal ini.
BISAKAH RUMUS - RUMUS FISIKA YANG RUMIT ITU DIUBAH MENJADI SEBUAH LAGU?
Untuk mencoba menjawab pertanyaan ini, yang pertama kali saya lakukan adalah merangkum semua rumus fisika yang ada. Karena kebetulan saat itu saya mengajar di kelas I SMP, maka yang saya rangkum adalah semua rumus fisika yang diajarkan pada semester ganjil.
Dan berikut adalah daftar rumus yang saya dapatkan:
- Massa jenis : Rho = m/v
- Tekanan : P = F/A
- Tekanan Hidrostatis : Ph = rho . g . h
- Hubungan tekanan atmosfer dan tinggi suatu tempat : h = (76-x).100
- Gaya Archimedes : FA = rho. g. Vcelup
- Hukum Pascal : F1/A1 = F2/A2
- Hukum Boyle : P1.V1 = P2.V2
Pada awalnya saya juga bingung darimana harus memulai lagunya.
Kebetulan pada saat itu ada sebuah lagu anak - anak yang sangat populer. Lagu itu karya Papa T Bob berjudul NYAMUK NAKAL yang dibawakan penyanyi cilik Enno Lerian.
Saya berpikir mungkin lagu ini bisa dipakai sebagai panduan nada, sebagaimana lagu Twinkle Twinkle Little Star.
Ternyata hasilnya tidak sepenuhnya sesuai harapan. Hanya bagian pengantar lagu saja yang dapat saya ambil, selebihnya terpaksa harus berimprovisasi. Dan hasilnya seperti berikut:
Mengingat saya tidak memiliki latar belakang seni musik, maka sangat mungkin ada banyak kesalahan dalam penulisan nada - nada di atas. Namun setidaknya hal ini sudah menjadi jawaban bagi pertanyaan di atas.
BAGAIMANA LAGU INI BISA DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN?
Sekalipun tidak mudah, lagu ini pernah saya coba terapkan 1 atau 2 kali dalam real kegiatan pengajaran di kelas.
Saya mengambil momen waktu sekitar 1 atau 2 minggu sebelum kegiatan Ulangan Akhir Semester, dengan prasyarat seluruh materi pelajaran sudah selesai.
Kegiatan ini menjadi awal persiapan, pengulangan dan pemantapan materi UAS.
Sejujurnya saya tidak bisa menyanyi, namun saya mencoba untuk melakukannya juga dengan harapan siswa dapat dimudahkan dalam belajar fisika.
Saat menuliskan lirik lagu ini di papan tulis, sekilas saya melihat wajah para siswa tampak seperti ini ....
😕😕😕😕😕😕😎
Ketika saya menyanyikan lagu ini ekpresinya para siswa jadi seperti ini
😳😮😕😟😢😶😎
Ketika lagu selesai dinyanyikan ekspresinya jadi begini
😀😂😃😄😅😌😎
Kemudian saya ajak siswa bernyanyi bersama - sama sebanyak 2 kali ....
😀😁😂😃😄😆😎
dan ketika kegiatan dilanjutkan dengan latihan soal ... ekspresi siswa seperti ini ...
😊😬😕😬😊😌😎
Yah ... namanya juga kegiatan belajar pemantapan persiapan ujian, jadi ya tetap harus ada latihan soal - soal 😊.
Berikut adalah contoh soal yang saya gunakan sebagai pendamping dari lagu tersebut:
- Sebuah benda memiliki massa jenis 200 gram/cm3. Jika volume benda itu 50 cm3, berapakah massanya?
- Sebuah monumen yang beratnya 120.000 N memiliki alas berbentuk bujur sangkar dengan sisi 2m. Hitunglah tekanan monumen itu pada tanah di bawahnya!
- Seorang penyelam berada pada kedalaman 8 m di bawah permukaan air laut yang massa jenis airnya 1200 kg/m3. Jika diketahui gravitasi tempat tersebut 10 N/Kg, berapakah besar tekanan hidrostatik yang dialami oleh penyelam itu?
- Sebuah kapal memiliki volume 60.000 m3 terapung di atas permukaan laut yang massa jenis airnya 1200 Kg/m3. Jika diketahui gravitasi di lokasi itu 10 N/kg dan 2/3 dari volume kepal itu terbenam dalam air, berapakah besar gaya apung yang dialami kapal tersebut?
- Sebuah alat hidrolik memiliki luas penghisap kecil 2 cm2 dan penghisap besar 20 cm2. Jika pada penghisap kecil diberikan gaya sebesar 12N, berapakah gaya yang timbul pada penghisap besar?
- Sebuah pipa U pada salah satu kakinya diisikan air dan pada kaki yang lain diisikan minyak yang massa jenisnya 0,8 gr/cm3. Jika diketahui massa jenis air 1 gr/cm3 dan tinggi minyak 12cm, berapakah tinggi airnya?
- .Ke dalam sebuah ruang tertutup yang volumenya 12 m3 diisikan gas bertekanan 2 atm, jika volume ruangan diperkecil menjadi 4 m3, berapakah tekanan gas di dalamnnya sekarang?
- Sebuah kota berada pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Berapakah tekanan atmosfer di kota tersebut?
Pada pertemuan selanjutnya digunakan soal- soal dengan materi / rumus yang sama, namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
KESIMPULAN DAN EVALUASI :
Penggunaan lagu sebagai media pengajaran fisika bisa dilakukan secara formal dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Namun ini bukanlah hal lazim dilakukan.
Ketika media ini digunakan dalam sebuah kegiatan pembelajaran di kelas, dimungkinkan siswa kaget dan tidak menyangka kalau pada pertemuan kali ini cara pengajarannya sangat berbeda dibanding biasanya.
Namun ketika kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan latihan soal yang relevan, siswa bisa menjadi paham bahwa lagu tersebut ternyata memiliki makna dan tujuan. Bukan hanya sekedar "lagu aneh" melainkan sebuah alat bantu dalam menghafal rumus fisika.
Menurut saya, penggunaan lagu bukanlah sebuah metode pengajaran yang utama untuk mata pelajaran fisika, melainkan hanya sekedar alternatif cara untuk mengurangi ketegangan dan kebosanan para siswa ketika belajar Fisika ... sebagai selingan ditengah - tengah kepenatan menghitung angka - angka.
Efektifitas metode ini sangat bergantung pada persiapan dan situasi psikologi siswa. Ketika hendak menggunakan metode ini hendaknya terlebih dahulu diperhitungkan kemungkinan respon siswa. Dan agar tidak dikira main - main, salah satu komponen penting yang tidak boleh dilepas dari penggunaan media lagu ini adalah ketersediaan serangkaian soal latihan yang disesuaikan dengan rumus - rumus yang ada dalam lagu tersebut.
Demikian sharing pengalaman saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)
JOEL
No comments:
Post a Comment