Monday, January 9, 2023

RPP FISIKA SMP MATERI PENGUKURAN


RPP atau Rencana Pelaksanaan Pengajaran adalah salah satu berkas administrasi guru yang perlu dibuat dalam rangka persiapan mengajar. Dengan perencanaan yang baik, diharapkan kegiatan dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan efektif. 

Penyusunan sebuah RPP haruslah merujuk pada silabus yang ada, dan disesuaikan dengan kondisi sekolah di mana seorang guru mengajar. Jika sekolah tersebut kategori "elit", maka dalam pemilihan media dan metodenya haruslah lebih up to date, sehingga tidak terkesan "ketinggalan", namun sebaliknya jika kondisi sekolah tergolong "biasa saja" maka pemilihan metode maupun medianya dapat disesuaikan.

Dalam postingan ini saya berbagi contoh RPP yang pernah saya buat untuk keperluan sertifikasi guru. Contoh ini tidak sempurna dan banyak kekurangan, namun mungkin bisa dipakai sebagai pembanding dalam membuat persiapan mengajar.

NAMA SEKOLAH     : SMP ...... 

MATA PELAJARAN     : SAINS (FISIKA)

KELAS / SEMESTER       : 1 / 1

ALOKASI WAKTU     : 4 x 40 Menit ( 2 X Pertemuan )

A STANDAR KOMPETENSI : (Diambil dari silabus)

1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda- benda alam dengan menggunakan peralatan

B KOMPETENSI DASAR :  (Diambil dari silabus)

1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari

C TUJUAN : 

1.3.1. Dengan melakukan kegiatan pengukuran benda – benda di lingkungan sekitar, siswa diharapkan mampu melakukan pengukuran panjang , luas, dan volume benda teratur dengan menggunakan mistar

1.3.2. Dengan melakukan kegiatan pengukuran volume batu peraga, siswa diharapkan mampu melakukan pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur dengan menggunakan gelas ukur

1.3.3. Dengan melakukan kegiatan pengukuran massa batu peraga, siswa diharapkan mampu melakukan pengukuran massa benda dengan  menggunakan neraca

1.3.4. Dengan melakukan kegiatan pengukuran waktu tempuh , siswa diharapkan dapat melakukan pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch .

1.3.5. Melalui kegiatan latihan dan pemberian tugas , siswa dapat melakukan konversi antar satuan metrik ke dalam sistem SI maupun cgs

D. MATERI : 

Cara mengukur panjang dengan menggunakan penggaris

Cara mengukur volume benda dengan menggunakan gelas ukur

Cara menggunakan neraca untuk mengukur massa

Cara mengukur waktu dengan menggunakan jam dinding

Tangga konversi satuan metrik

Sistem satuan

o SI -----> Meter , Kilogram , Sekon

o cgs ----> centimeter , gram , sekon


E. PENDEKATAN dan METODE :

E.1. PENDEKATAN     : Ketrampilan Proses

E.2. METODE     : Percobaan , Latihan , Tanya jawab

F. LANGKAH – LANGKAH : ... terlampir 

(biasanya LANGKAH PEMBELAJARAN ini menyatu dalam RPP ini, namun sengaja saya pisah agar saat melaksanakannya lebih mudah dan efektif per pertemuan)

G. SUMBER / MEDIA BELAJAR :

  Mistar

Bangku taman

Keramik lantai

Papan tulis

Batu bata

Kaleng cat

Bola basket

Batu peraga

Gelas ukur

Neraca

Stopwatch

LKS

 H. PENILAIAN : 

H.1 PENILAIAN KINERJA :

” BERAPAKAH UKURAN BENDA – BENDA DI SEKITARKU ? ”

Menilai laporan sementara (LKS) segera sesudah pengambilan data

Jumlah data yang seharusnya terisi di LKS ada 19 buah (Boleh data cgs atau SI)

Setiap data terisi diberi skor = 1

” MENGUKUR BATU DAN WAKTU ” 

Menilai laporan sementara (LKS) segera sesudah pengambilan data

Jumlah data yang seharusnya terisi di LKS ada 20 buah

Setiap data terisi diberi skor = 1

H.2 PENILAIAN PEMAHAMAN :

Penilaian LKS : 

"BERAPAKAH UKURAN BENDA – BENDA DI SEKITARKU ? ”

•  Dilakukan dengan menilai laporan akhir setelah data LKS diolah

•  Jumlah data yang seharusnya terisi di LKS ada 38 buah

•  Setiap data benar diberi skor = 1

” MENGUKUR BATU DAN WAKTU ”

•  Dilakukan dgn menilai laporan akhir setelah data LKS diolah

•  Jumlah data yang seharusnya terisi di LKS ada 20 buah

•  Setiap data benar diberi skor = 1

Ulangan harian : Soal  terlampir ...


========= LANGKAH - LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN  =========


PERTEMUAN 1

WAKTU : 2 x 40 menit

BERAPAKAH UKURAN BENDA -  BENDA DI SEKITARKU ?

Dalam pertemuan yang pertama ini siswa diajak mengingat kembali pelajaran yang diperolehnya saat menempuh di jenjang SD dan melakukan latihan pengukuran langsung dan tak langsung besaran Panjang, Luas dan Volume benda - benda yang bentuknya teratur.

Untuk memperlancar kegiatan belajar ini perlu disiapkan LKS yang sesuai ...

=====================================================

PERTEMUAN 2

WAKTU : 2 x 40 menit

MENGUKUR BATU dan WAKTU

Pada pertemuan kedua ini, siswa berlatih melakukan pengukuran volume benda yang bentuknya tak teratur dan besaran waktu.

Untuk memperlancar kegiatan belajar ini perlu disiapkan LKS yang sesuai ...

============= PENILAIAN ================

Ulangan harian untuk bab ini adalah gabungan dari kegiatan praktek mengukur dan menghitung  besaran tak langsung.

dan agar proses penilaiannya berjalan lancar dan hasilnya obyektif, maka perlu disiapkan pedoman penilaiannya.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

JOEL 

No comments:

Post a Comment