Saturday, January 14, 2023

SEKILAS INFO KOMIK PAMAN GOBER EDISI AWAL

Pada sekitar tahun 90an persaingan komik terjemahan di Indonesia ini sangatlah sengit. Pada era ini banyak bertebaran  komik baru dari Jepang macam Candy - Candy, Doraemon, Kung Fu Boy dan Dragon Ball atau Komik Hongkong Karya Tony Wong, seperti Tiger Wong dan Tapak Sakti. Pada saat sama juga beredar komik Super Hero Amerika terbitan Misurind seperti Spiderman, Batman, Superman, dll. ditambah juga masih beredarnya komik Eropa terbitan periode sebelumnya seperti Tintin, Asterix, Smurf, Agen Polisi 212, dan sebagainya.

Di tengah gempuran berbagai pendatang baru, sebagai pemain lama yang telah ada sejak tahun 1976, Gramedia selaku penerbit komik - komik Walt Disney perlu melakukan gebrakan kreatif untuk menjaga loyalitas pembacanya. 

Sampai dengan saat itu Gramedia telah menerbitkan berbagai varian dari komik Walt Disney, antara lain : Komik Album Walt Disney (1976), Album Donal Bebek (1981), Album Gufi (1990), disusul Album Miki (1992), dan Album Miki dan Gufi.
Semua komik di atas tampil dalam ukuran lebar format majalah.

Untuk kali ini Gramedia mencoba dengan varian ukuran baru sebesar buku tulis, yang pada awalnya diberi label buku saku.

Tahun I - 1992 
Buku saku edisi awal no 1 tebalnya 97 halaman dengan kertas halaman putih (seperti HVS) yang sebagian halamannya dicetak berwarna. 
Pada edisi kedua dan seterusnya, terjadi penyesuaian tebal buku menjadi 226 halaman. Dan kertas yang semula putih diganti dengan kertas koran/CD yang dicetak hitam putih. Mulai edisi 2, tulisan "Buku Saku" dihilangkan.
Pada tahun pertama ini terbit 12 edisi.

TAHUN II - 1993
Memasuki tahun kedua, terjadi perubahan mencolok pada desain punggung bukunya. Komik - komik edisi tahun kedua ini jika ditata berjajar sesuai urutan angka akan membentuk gambar kepala Donal dan Desi.  
Desain gambar kepala Donal dan Desi ini menurut saya cukup cerdik dari sisi pemasaran. Pembaca penggemar Walt Disney akan semakin berminat untuk mengkoleksi keseluruhan edisi. Karena jika terlewat satu saja, maka gambar keseluruhan akan menjadi tidak lengkap.
Pada tahun kedua ini total edisi ada 12 buku.

TAHUN III - 1994 
Pada komik tahun III ini punggung bukunya menampilkan gambar kepala Miki dan Mini dengan total jumlah edisi ada 15 buku.
...
Pada tahun ketiga ini ada sedikit perubahan pada sampul depan buku
Setelah komik no 12, label komik pada cover depan ditambahi tulisan PAMAN GOBER, dan ini berlanjut terus ke terbitan selanjutnya.

TAHUN IV -1995 
Tahun ke IV ini punggung bukunya menampilkan gambar kepala Paman Gober 
Total edisi tahun ini ada 13 buku.

TAHUN V - 1997
Tahun V ini punggung bukunya membentuk gambar ketiga keponakan Donal: Kwak, Kwik dan Kwek.
Jumlah edisinya ada 17 buku.
....

TAHUN VI - 1997
Pada Tahun VI ini punggung bukunya membentuk gambar Paman Gober yang sedang melompat disaksikan keluarga bebek lainnya  dengan latar belakang dinding bertuliskan Paman Gober.
Buku no 1 dan 2 lebih tebal dibanding yang lainnya. 
Total ada 21 buku.

TAHUN KE 7 
Tahun ke 7  ini ada 12 buku, gambarnya terpisah jadi 2 bagian.
No 1-6 membentuk gambar Paman Gober mandi hujan uang, sedangkan no 7-12 gambar Paman Gober dalam kolam uang.

Pada edisi ini cover depan buku no 1-5 terdapat tulisan PREMIUM dan buku no 1 lebih tebal dari yang lainnya.  
Setelah tahun ke-7 ini tebal komik menjadi seragam sesuai edisi terakhir, dan tampilan gambar pada punggung tetap dipertahankan.

Mulai tahun ke 8 pada punggung buku bagian atas diberi nomor 1,2,3 dan seterusnya hingga edisi terakhir serial ini. (Kalau tidak salah, nomor terakhirnya sudah melebihi angka 200)

Apakah anda tertarik mengkoleksinya? 

JOEL - 2024

No comments:

Post a Comment