Saturday, January 21, 2023

CONTOH TUGAS TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI MATA PELAJARAN IPA (FISIKA)

Salah satu tuntutan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah adanya TUGAS TERSTRUKTUR dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR. Sebenarnya tuntutan ini sudah ada sejak kurikulum 2006,

Menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi :
  • Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.
  • Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
Dalam postingan ini saya ingin berbagi pengalaman dalam memberikan kedua jenis tugas ini pada para siswa kelas VIII dan IX

TUGAS TERSTRUKTUR Mata Pelajaran Fisika kelas IX dengan materi Listrik dinamik :
Tugas ini diberikan ketika siswa sedang belajar mengenai rangkaian hambatan secara seri dan paralel. Setelah siswa mendapatkan latihan yang cukup tentang cara menghitung nilai hambatan total sebuah rangkaian, sebagai pemantapan dan tantangan, siswa diberikan tugas sebagai berikut :
Contoh Rencana / Program Tugas Terstruktur

Pedoman penilaian perlu dicantumkan sebagai panduan saat melakukan koreksi pekerjaan siswa, guna menghindari / mengurangi penilaian secara subyektif.

KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Mata Pelajaran Fisika kelas VIII dengan materi Pembiasan Cahaya
Tugas ini diberikan ketika membahas materi cahaya, sementara di kelas siswa belajar menghitung dengan rumus - rumus pembiasan, di luar kelas siswa berusaha menemukan contoh peristiwa pembiasan di sekitarnya atau berkreasi dengan pristiwa pembiasan cahaya.
Contoh Rencana / Program Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur

Berikut adalah Contoh beberapa contoh foto yang saya buat, sebagai gambaran tugas sekaligus diharapkan dapat memotivasi siswa dalam berkarya dan menyelesaikan tugasnya.
Kuda Nil di Lensa Cekung
Pergeseran Lintasan Cahaya Kaca Plan Paralel
Pembiasan Pada Prisma

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat digunakan sebagai masukan dalam merancang Tugas Terstruktur atau Kegiatan Mandiri siswa:

2 comments: