Monday, May 10, 2021

TUGAS TERSTRUKTUR IPA (FISIKA) MATERI HUKUM OHM

Setelah serangkaian kegiatan belajar tentang rangkaian seri  - paralel, pembagian arus listrik dan Hukum Ohm, biasanya sebagai penutup kegiatan saya memberikan TUGAS TERSTRUKTUR berupa soal analisa rangkaian listrik semacam di bawah ini 😎

Soal ini saya berikan sebagai untuk menguji pemahaman siswa pada materi rangkaian listrik khususnya tentang rangkaian hambatan seri - paralel, pembagian arus listrik dan hubungan antara tegangan, hambatan dan arus listrik.

RENCANA TUGAS TERSTRUKTUR
JUDUL : ANALISA RANGKAIAN LISTRIK
KELAS / SEMESTER : 9 / GANJIL
MATERI : LISTRIK DINAMIK
DILAKSANAKAN PADA : _______________________

KOMPETENSI DASAR: 
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik

INDIKATOR : Siswa dapat melakukan analisa rangkaian listrik sederhana dengan menerapkan Hukum Ohm



Jawaban soal di atas tersistematis dan sangat sensitif terhadap kesalahan hitung. Jika pada salah satu point saja siswa melakukan kesalahan, maka point berikutnya sampai z) jawabannya akan salah !

KRITERIA PENILAIAN :
Mengingat karakteristik soal yang tersistematis dan saling berkaitan, maka untuk penilaian / penskorannya dilakukan dengan fokus pada 2 hal, yaitu : 

  1. ketepatan siswa dalam menentukan rumus yang dipakai dan 
  2. ketepatan siswa dalam memilih angka yang digunakan sebagai perhitungan. 
Rinciannya adalah sebagai berikut:
  • Setiap rumus benar, diberi skor = 2 ; Total 2 x 26 = 52
  • Jika angka yang dimasukkan benar, skor = 1 ; Total 1 x 26 = 26
  • Nilai tambahan sebesar 12 diberikan jika siswa menyerahkan tugas sebelum batas waktu terlampaui.
Karena total skor adalah 100, maka nilai tugas ini sama dengan total skor yang diperoleh siswa.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

JOEL

Artikel sejenis :
CONTOH TUGAS TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI MATA PELAJARAN IPA (FISIKA)

No comments:

Post a Comment