Saturday, April 20, 2024

CONTOH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA YANG TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2013 dunia pendidikan di Indonesia gencar  mengangkat isue tentang pentingnya PENDIDIKAN KARAKTER bagi para siswa.

Dan bahkan demi suksesnya pendidikan karakter di sekolah – sekolah, pemerintah mewajibkan para guru senantiasa menyisipkan nilai – nilai karakter mulia dalam kegiatan pembelajarannya.

Namun setelah beberapa tahun berlangsung, isu pendidikan karakter itu lama - lama menjadi reda dan tenggelam digantikan oleh isu yang lebih baru.

Namun terlepas dari redanya isu pendidikan karakter di sekolah, saya berpendapat bahwa penanaman karakter yang baik pada siswa tidaklah harus disuruh oleh Diknas, melainkan harus menjadi roh dalam sebiah institusi pendidikan. 

Sehubungan dengan hal ini saya teringat akan satu episode komik fisika yang pernah saya buat tahun 1999. Menurut saya komik ini sangat cocok dipakai sebagai media pembelajaran fisika yang didalamnya terintegrasi pendidikan karakter .

Media komik ini mengangkat pengetahuan fisika tentang dinamika Kerak Bumi (Lithosfer), Perairan (Hidrosfer), dan Udara (Atmosfer) dan didalamnya terselip nilai moral tentang rendah hati.

Berikut adalah uraian pengetahuan fisika dan pesan moral yang hendak disampaikan dalam masing - masing lembar komik ini :

Halaman pertama komik ini menyajikan informasi tentang bertambahnya tinggi sebuah gunung/pegunungan (tepatnya pegunungan lipatan) dikarenakan adanya desakan/benturan lempeng kerak bumi. Dalam komik ini tersaji kata - kata sombong yang kurang menyenangkan/menyinggung yang diucapkan oleh para gunung dan daratan.
Halaman kedua komik ini menyajikan informasi fisika tentang relief daratan dan dasar samudera serta keberadaan palung laut. Di halaman ini juga masih tertulis kalimat - kalimat sombong dari gunung dan daratan.
Pada halaman ketiga dari komik ini kita menyaksikan perlawanan dari air terhadap gunung dan daratan. Periswa abrasi oleh ombak pada daratan di pantai, erosi oleh air mengalir ataupun penggerusan permukaan daratan dikarenakan berat gletser yang bergerak. Pesan moral di halaman ini adalah bahwa sebuah kesombongan akan memancing perlawanan.
Halaman keempat komik ini menginfokan tentang keberadaan sungai bawah tanah dan juga betapa merananya daratan dan gunung dipermalukan akibat kesombongannya.
PAda halaman kelima komik ini siswa diperkenalkan pada lapisan - lapisan atmosfer dan sifat masing- masing lapisan tersebut. Dan sekalipun skalanya kurang tepat, kita bisa melihat betapa kecil gunung dan daratan itu jika dibanding atmosfer.
Pada lembar terakhir ini siswa diajak menyadari betapa kecilnya kita dalam semesta ini. Dengan pesan moral tentang betapa bodohnya seorang manusia yang sombong dan berpikir bahwa dirinyalah yang paling besar dan hebat. 

Dalam penyampaiannya, materi ini tidaklah harus disajikan dalam sebuah jam pelajaran khusus yang menyita waktu, namun akan lebih baik jika berupa poster yang terpajang di dinding kelas.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

No comments:

Post a Comment