Saturday, September 12, 2020

PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA KOMIK (3)


Postingan ini adalah pelengkap dari postingan PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA KOMIK (2). Dalam postingan ini akan diuraikan langkah - langkah pembelajaran dengan media komik untuk materi GLBB. 

Karena pada postingan sebelumnya ada jeda hingga pertemuan ketiga, maka postingan ini langsung dimulai dengan pertemuan keempat.

PERTEMUAN KEEMPAT (Waktu : 2 x 40 Menit)

Pada pertemuan ini siswa mulai dikenalkan konsep percepatan. 
Sebelum masuk ke materi ini, biasanya saya membukanya dengan pertanyaan pancingan sebagai berikut:

"Anak - anak, kalian tahu mobil balap ? "
Biasanya siswa menjawab,"Tahu!"

"Apakah kalian tahu mobil bemo ? "
Biasanya siswa mengiyakan.

"Apa jadinya jika mobil bemo berlomba adu kecepatan dengan mobil balap ???"

"Materi hari ini terkait dengan hal tersebut, tepatnya hendak membahas tentang PERCEPATAN! " 

"APAKAH PERCEPATAN ITU? "
" Untuk mendapatkan jawabannya, silahkan mempelajari komik berikut!"

Kemudian saya membagikan komik percepatan halaman 1 dan meminta mereka untuk mempelajarinya bersama teman sebangku. 

Setelah memberikan kesempatan pada siswa untuk mempelajari komik tersebut selama lebih kurang 5 menit, saya kembali melempar pertanyaan pada para siswa ,"Apakah percepatan itu ?"

Pada saat ini, biasanya jawaban siswa sudah terarah pada pengertian Percepatan sebagai perubahan kecepatan persatuan waktu.

Sebagai kelanjutannya saya tuliskan sebuah soal di papan tulis :
Sebuah mobil balap mula - mula kecepataannya 3 m/s jika setelah 2 detik kemudian kecepatannya menjadi 13 m/s, berapakah percepatannya ?

Dengan melihat kembali komik yang dipegangnya, biasanya pada tahap ini siswa sudah bisa langsung mengerjakan soal itu. 

Setelah siswa mengerjakan dan dikoreksi bersama, saya melanjutkan dengan komik percepatan halaman 2 berikut
Pada soal nomor 4 siswa diberi kesempatan untuk memodifikasi atau menafsirkan rumus. Siswa diberi kesempatan untuk mencoba memecahkan soal tersebut. 

Setelah siswa selesai mengerjakan d ibuku masing- masing. Perwakilan siswa diminta untuk menyalin hasil kerjanya di papan tulis untuk dilakukan koreksi bersama. 

Jika waktu masih banyak, dapat ditambahkan soal- soal lain yang relevan dengan rumus yang telah diberikan. 

PERTEMUAN KELIMA (Waktu : 1 x 40 Menit)
Pada pertemuan ini saya tidak menggunakan komik, melainkan menyampaikan bahwa cara menghitung jarak pada GLBB beda dengan GLB. Jika pada GLB jarak atau perpindahan dihitung dengan rumus : s = v.t, maka pada GLBB karena ada percepatan, rumusnya menjadi :
dan dilanjutkan dengan latihan soal berikut : 
  1. Sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan awal 5 m/s digas dengan percepatan 3 m/s selama 2 sekon. Hitunglah jarak yang ditempuh mobil itu selama digas!
  2. Mobil yang bergerak dengan kecepatan 8 m/s direm dengan percepatan 3 m/s selama 2 sekon. Hitunglah jarak yang ditempuh mobil selama proses pengereman!
  3. Sebuah mobil yang sedang meluncur cepat direm dengan percepatan 3 m/s2 selama 4 sekon hingga berhenti setelah menempuh jarak 16 m. Hitunglah kecepatan mobil sebelum direm!
PERTEMUAN KEENAM (1 x 45 menit)
Pertemuan ini diisi dengan tes kecil khusus materi GLBB dengan cara Open Book.
Tes open book ini saya lakukan karena pertimbangan rumusnya yang cukup rumit. Fungsi dari tes ini tidak hanya sekedar pengambilan nilai, melainkan sekaligus sebagai pemantapan tes close book pada pertemuan selanjutnya.

Contoh Soal tes open book: 
  1. Sebuah kelerengt menggelinding menuruni bidang miring . Mula – mula kecepatan kelereng itu 2 m/det . Setelah 3 detik kemudian kecepatnnya menjadi 14 m/det . Berapakah besar percepatan kelereng itu ?
  2. Sebutir buah kelapa jatuh dari tangkainya dan mendapat percepatan gravitasi sebesar 10 m/det2 . Jika diketahui kecepatan kelapa itu mula – mula 1 m/det, berapakah :
    • Kecepatan kelapa setelah 2 detik kemudian
    • Jarak yang ditempuh kelapa
  3. Sebuah mobil mula-mula diam kemudian digas selama 2 detik dengan percepatan 3 m/det2 . Berapakah kecepatan mobil setelah digas ?
  4. Mobil yang melaju dengan kecepatan 20 m/det direm dengan percepatan 5 m/det2 hingga berhenti . Berapakah lama waktu yang diperlukan ?

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

No comments:

Post a Comment