Friday, January 21, 2022

CARA MENENTUKAN KUTUB SEBUAH MAGNET

Secara teoritis kita tahu bahwa magnet memiliki 2 buah kutub yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kita juga tahu bahwa jika kutub sejenis didekatkan maka kedua kutub itu saling menolak dan sebaliknya jika tidak sejenis saling tarik .

Jika kita membeli sebuah magnet di toko alat tulis atau alat laboratorium, maka pada magnet yang kita beli biasanya sudah diberi tanda bagian posisi kutub Utara dan Kutub Selatan magnetnya.

Bagaimana jika kita menemukan sebuah magnet yang tidak diberi tanda sehingga tidak diketahui jenis kutubnya?

Hal ini seringkali terjadi dalam kehidupan sehari hari. Kita seringkali menemukan magnet dari mainan tempelan hiasan di lemari es, magnet pada speaker, atau magnet mainan yang lain. 

Pada magnet - magnet semacam ini biasanya tidak ada tanda posisi kutub Utara atau Selatannya. Kita hanya bisa mengetahui posisi kutub magnet dengan cara mendekatkan sebuah peniti atau paper klip pada magnet itu. Pada bagian magnet di mana paper klip itu menempel, disitulah letak posisi kutub magnetnya. 

Lalu bagaimana cara kita tahu mana yang merupakan kutub Utara dan mana yang kutub Selatan ?

Untuk mengetahui jenis kutub magnet yang belum diketahui ini, kita dapat melakukannya dengan cara mendekatkanya pada sebuah kompas.

Jika kita tidak punya kompas, kita dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan sebuah silet cukur. Cara pembuatannya sangat sederhana dan saya uraikan pada artikel CARA MEMBUAT KOMPAS SEDERHANA

Jika kita sudah tersedia kompas, coba dekatkan kutub magnet yang belum kita ketahui jenisnya tersebut pada jarum kompas yang menunjuk arah Utara. 

Jika jarum kompas tersebut bergerak menjauh atau berputar berbalik arah, maka disimpulkan bahwa jenis kutub magnet yang baru saja kita dekatkan tadi adalah kutub Utara ! Sedangkan kutub yang lain adalah kutub Selatan.

Untuk memastikan hal ini dapat diulang beberapa kali.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.

JOEL - 2020






No comments:

Post a Comment