Wednesday, February 19, 2020

MEMBUAT BATTERY DARI TOMAT???


Ini serius lho ... bukan gurauan!
Tegangan yang dihasilkan 0,7 V

Berikut adalah langkah - langkah percobaannya ...

1. Sediakan sebuah tomat, kawat seng (yang biasanya untuk kawat jemuran, warnanya putih) dan kawat tembaga (biasanya untuk kabel listrik, warnanya coklat). 

2. Amplaslah kawat seng dan kawat tembaga hingga bersih mengkilat.

3. Tancapkan salah satu ujung kawat tembaga pada tomat, dan di bagian tomat yang lain tancapkan kawat seng. Kedua ujung kawat dan seng yang masuk dalam kentang tidak boleh saling bersentuhan.

4. Ambilah alat multitester dan putarlah saklarnya pada angka 2,5V. Sentuhkan ujung jarum kabel merah multitester pada kawat tembaga dan ujung kabel hitam pada kawat seng, dan .... AJAIB! jarum voltmeter tersebut bergerak menunjuk angka sekitar 0,7V! 

Artinya kita punya sebuah battery dengan tegangan 0,7V!

KENAPA INI BISA TERJADI?
Ketika kita memasukkan sebatang kawat ke dalam tomat, maka pada bagian ujung yang masuk tersebut lama kelamaan akan berkarat (dalam pelajaran kimia, reaksi ini disebut REDOKS), saat proses berkarat inilah sebagian elektron logam masuk ke dalam tomat atau sebaliknya. 

Dalam kasus battery tomat di atas, logam tembaga ketika berkarat melepas sebagian elektronnya sehingga menjadi bermuatan positif, dan sebaliknya logam seng saat berkarat menyerap elektron, sehingga bermuatan negatif.

Perbedaan positif dan negatif inilah yang terukur ketika kita tempelkan jarum multitester pada kedua logam tersebut secara bersamaan.

APAKAH BATTERY INI BISA DIPAKAI UNTUK MENYALAKAN LAMPU?
Sayang sekali battery ini memiliki kelemahan berupa hambatan dalam yang besar, sehingga ketika dihubungkan dengan lampu, arus yang keluar sangat kecil dan tidak cukup kuat untuk menyalakannya. Namun jika digunakan lampu LED, tegangan ini sedikit terdeteksi. Untuk memperkuat tegangannya dapat dibuat sambungan beberapa battery tomat secara seri.

APAKAH BUAH - BUAHAN YANG LAIN BISA DIGUNAKAN?
Pada prinsipnya bisa dipakai buah - buahan yang lain seperti kentang, wortel, bengkuang, mentimun dan sebagainya (Sekalian rujakan 😁😁😁) ... atau buah apa saja yang penting mengandung air. Ini bisa menjadi penelitian tersendiri 😃

APAKAH LOGAM YANG LAIN BISA DIGUNAKAN?
Sejauh yang saya tahu asalkan 2 logam beda jenis bisa dipakai, tidak harus tembaga dan seng. Untuk lebih jelasnya perhatikan deret Volta berikut 😊

DERET VOLTA 
Deret Volta ialah urutan logam yang disusun dari yang potensialnya rendah ke tinggi. 

Sebagai contoh jika kita menancapkan sekeping logam aluminium dan kepingan lain logam tembaga pada sebuah kentang, maka logam aluminium menjadi kutub negatif dan tembaga menjadi kutub positifnya. 

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)



No comments:

Post a Comment