Friday, February 14, 2020

KARTUN SI PENTOL

Pentol adalah jenis makanan yang paling populer di kalangan anak- anak, remaja, orang dewasa hingga kakek nenek. 

Biasanya pentol ini disajikan dengan tambahan saos, kecap dan SAMBAL. Makin banyak sambalnya makin pedes ...makin nikmat .... makin keren ... dan akhirnya perutnya mules :)

Pentol yang satu ini disajikan tanpa saos, tidak perlu kecap apalagi sambal . Dan dijamin sehat karena tanpa bahan pengawet .
Pentol yang ini adalah karakter kartun komik strip yang pernah muncul di koran Jawa Pos antara tahun 2006 - 2011. Kartun Pentol pertama kali dimuat di koran Jawa Pos dalam format komik strip 4 panel pada tanggal 28 Oktober 2006 dalam suasana lebaran.
Terkadang kita berdebat untuk hal yang kita yakini benar. Jika ada 2 pendapat yang berbeda, kita yakin bahwa salah satunya adalah BENAR dan yang lainnya SALAH! Namun kita lupa bahwa pada kenyataannya bisa jadi keduanya SAMA - SAMA SALAH ! 

Setelah komik tersebut, lebih dari 100 komik berikutnya muncul di media ini. Berikut adalah beberapa kartun Pentol yang muncul dalam format 4 panel. 

SERBU ... !
Terkadang kita merasa bahwa diri kita adalah orang yang penting dan berjasa ... hingga kita pada ketika .... 

Terkadang kita memiliki teman yang sangat dapat diandalkan hingga kita berpikir bahwa ia bisa menyelesaikan segala permasalahan, hingga kita menyadari semua itu ada batasnya.


Detergen Super ! ... sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik.


Ikut Tidur ....

Dalam perkembangannya sejak September 2009 redaksi Jawa Pos memberikan alternatif kartun 1 panel dengan tema yang ditentukan, antara lain tema BELANJA, SAKIT, BEDUG, SAHUR, dan sejenisnya. 

Berikut beberapa kartun Pentol dengan tema BOTOL dan DURIAN
Orang yang terdampar di sebuah pulau terpencil biasanya mencoba meminta pertolongan dengan cara menuliskan sebuah surat dan memasukkannya ke dalam botol untuk selanjutnya dilempar ke laut agar terbawa air untuk sampai di daratan lain yang berpenghuni. Bagaimana jika lautan itu ternyata adalah genangan air dalam sebuah botol?


Untuk bisa menjadi seseorang yang berprestasi haruslah ada tekad yang kuat. Jika tekad menjadi kendor, terkadang kita perlu bantuan orang lain untuk menguatkannya !

 Seiring trend masyarakat yang lagi gemar bersepeda, sekitar tahun 2011 Jawa Pos kartun 1 panelnya mengangkat tema mengangkat Tema Sepeda selama beberapa waktu
Ketika suasana imlek ... Sepeda Vampire

Salah satu ciri khas bangsa Indonesia adalah gotong royong dan saling pengertian. Untuk kasus yang satu ini ... No Comment !

Dan akhirnya ....

Semoga kehadiran Pentol di Blog ini dapat menjadi warna penggembira di tengah kesibukan dan kepenatan kala bekerja .

JOEL - 2019


Kartun Si Pentol yang lain ... 



No comments:

Post a Comment