Monday, February 10, 2020

ALAT PERAGA SEDERHANA MATA PELAJARAN FISIKA

Fisika adalah disiplin ilmu yang banyak mengandalkan konsep dan abtraksi. Maka tidak jarang materi ini sulit dipahami oleh siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menampilkan konsep atau abstraksi tersebut dalam bentuk sebuah alat peraga.


Di toko alat peraga fisika banyak dijual, namun harganya relatif mahal sehingga beberapa sekolah karena pertimbangan dana maupun lokasi akhirnya menunda pengadaan alat peraga yang diperlukan.

Salah satu alternatif untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat sendiri alat peraga dengan memanfaatkan benda - benda yang ada di lingkungan sekitar .

Berikut adalah beberapa contoh alat peraga sederhana yang dapat dibuat oleh guru ataupun siswa .

ALAT PERAGA TEKANAN HIDROSTATIK


Alat ini mudah sekali dibuat. Cukup ambil sebuah botol plastik bekas kemasan air mineral kemudian dengan paku panas beri 3 atau 4 lubang yang berbeda ketinggiannya dari dasar botol.

ketika diisikan air, maka semburan air dari lubang paling bawah adalah yang paling jauh.

Dengan alat ini diperagakan bahwa semakin ke bawah, tekanan zat cair semakin besar

BATU PERAGA MASSA JENIS


Alat peraga ini dibuat dari campuran semen dan pasir . Pada bagian dalam batu itu ada yang diisi dengan besi bekas (baut, mur, dsb) dan ada yang diisi stirofoam (gabus) serta ada pula yang murni semen dan pasir.

Dalam penyampaiannya siswa diminta mengangkat semua batu tersebut satu persatu dengan salah satu tangannya dan ia akan merasakan kejanggalan ketika mengangkat batu itu satu persatu. Ada yang ukurannya besar tetapi ringan dan sebaliknya kecil tetapi berat.

Ketika siswa menimbang batu dan mengukur volume serta menghitung massa jenisnya, maka siswa akan dapat menebak batu mana yang berisi gabus atau berisi besi.

ALAT PERAGA HUKUM MERSENNE


Alat ini hanya membutuhkan bahan papan kayu, paku dan karet gelang.
Dibuat 8 pasang paku pada papan dengan posisi berjajar dengan jarak sama panjang. Kemudian diikatkan karet gelang dan diatur tegangannya sedemikian rupa hingga ketika dipetik, masing - masing dawai menghasilkan tangga nada diatonis do - re - mi - fa - sol - la - si - do

Dengan alat ini hendak ditanamkan pengertian bahwa semakin besar tegangan dawai, maka nada yang dihasilkan semakin tinggi

Setelah alat dibuat, salah seorang siswa yang pandai musik bisa diminta mencoba melantunkan lagi SI SEMUT YANG KECIL  dengan notasi :
533 422 1234555 533 422 13551
2222234 3333345 533 422 13551
Silahkan dicoba ! 😉

Alat peraga fisika yang lain bisa dilihat dipostingan berikut :


Demikian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi .

JOEL - 2018

No comments:

Post a Comment