Friday, February 9, 2024

PENGGUNAAN KURVA SIMETRIS DALAM PENGAJARAN DAN PEMAHAMAN KRONOLOGIS SEJARAH


Disclaimer dulu ya :)

Saya bukanlah seorang guru sejarah, namun senang membaca tentang sejarah dunia. Dulu ketika membaca sebuah kisah sejarah dunia, saya seringkali mengalami kesulitan untuk memahami dan menempatkan peristiwa yang saya baca tersebut dalam konteks dan kronologis pengetahuan sejarah yang sudah saya punyai sebelumnya. Alhasil informasi baru itu menjadi tercerai berai dalam ingatan.

Pada suatu ketika saya pernah membaca kisah tentang Sidarta Gautama dan Kong Hu Cu, dan dikesempatan lain membaca tentang Phytagoras dan Thales. Belakangan saya menjadi agak terkejut ketika menyadari bahwa ternyata tokoh - tokoh itu hidup pada masa sama, yakni sekitar tahun 500 Sebelum Masehi, namun di lokasi yang berbeda. 

Saya takjub mendapati bahwa pada sekitar tahun 500 SM tersebut terdapat semacam "ledakan" munculnya sejumlah pemikir hebat, dibandingkan masa- masa sebelumnya.

Di sisi lain, saya juga mendapati bahwa sekitar tahun 500 an sesudah masehi, juga terdapat tokoh besar yang lain, yakni Nabi Muhammad. 

Kesamaan angka 500 ini memancing rasa ingin tahu saya untuk mencari infiormasi lebih banyak lagi.

Saya mendapati bahwa Raja / Nabi Daud hidup sekitar tahun 1000 sebelum masehi dan pada angka yang sama di sekitar tahun 1000 sesudah masehi ada tokoh Jengis Khan yang sangat terkenal. Angka - angka ini sengaja disederhanakan untuk mempermudah ingatan. Tentu saja dalam hal ini saya tidak bermaksud untuk membandingkan Nabi Daud dan Jengis Khan, namun saya  tertarik dengan munculnya 2 nama terkenal terkait angka tahun 1000. Dengan mengingat angka 1000 saya mendapatkan sekaligus 2 ingatan, yaitu Raja Daud dan Jengis Khan.

Ketika saya naikkan menjadi 1500 maka pada masa tersebut muncul tokoh Nabi Musa yang hidup sekitar tahun 1436 SM? dan pada sisi yang lain ada tokoh Da Vinci (1452) dan Galileo (1564). 

Dan akhirnya Aha! 

Saya menemukan cara mudah untuk mengingat dan memahami kronologis sejarah peristiwa dan tokoh - tokoh di dunia ini!

Caranya begini :

Saya menggambarkan sebuah kurva terbuka ke atas, dan pada dasarnya saya tuliskan keterangan Yesus Kristus - 0. Yang artinya tahun 0 adalah tahun - tahun dimana hidup tokoh Yesus Kristus. 

Kemudian saya tarik 500 tahun ke kiri (yang artinya sebelum masehi) dan kita dapati nama - nama Budha, Kong Hu Cu, Thales dan Phytagoras, sedangkan jika kita tarik ke kanan (sesudah masehi) akan kita temukan nama Nabi Muhamad. 

Di antara 0 - 500 itu, di sebelah kiri muncul nama Plato, Aristoteles, Aleksander Agung dan Archimedes sedangkan di sebelah kanan terdapat nama Hannibal dari kartago, orang yang hampir berhasil menaklukkan Romawi, sebuah rentang waktu perkiraan setting cerita SAM KOK, dan perang Bar Kokhba antara Romawi dan Bangsa Yahudi. 

Kemudian naik ke angka 1000 kita mendapati di sebelah kiri ada nama Raja / Nabi Daud dan sebuah peristiwa "fiksi" tentang perang Troya, sementara di sisi lain terdapat nama Jengis Khan dan Marcopolo sang petualang. Sementara di dalam negeri kita ada peristiwa berdirinya kerajaan Singosari dan Majapahit.

Kemudian saya tambahkan sebagai penanda waktu pada kurva, peritiwa 2 bencana alam ledakan gunung berapi yang sangat terkenal, yaitu Vesuvius dan Krakatau. 

Kemudian saya melengkapi dan mengembangkan gambar bagan ini dengan menambahkan nama - nama atau peristiwa yang sangat saya ingat ke dalam kurva tersebut. 

Sebagai pembeda antara tokoh dan peristiwa, untuk penulisan nama tokoh digunakan gabungan huruf besar dan kecil, sedangkan untuk nama peristiwa digunakan huruf besar seluruhnya. 

Sebagai tambahan informasi, data - data pada contoh di atas sebagian besar berasal dari buku Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah karya Michael H Hart dan sebagian lainnya dari hasil browsing di internet. 

Setelah menyusun dan mengamati kurva ini, saya,menjadi lebih mudah dalam mengingat dan memahami kronologis sejarah dunia secara cepat.

Apakah ini bisa digunakan dalam pengajaran pelajaran sejarah?

Demikian sharing pengalaman saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)


No comments:

Post a Comment