Wednesday, February 14, 2024

KOMIK CYBER FORCE

Cyber Force adalah serial komik karya Marc Silvestri yang menceritakan tentang pertempuran sekelompok mutan yang telah ditingkatkan kemampuannya, melawan Cyberdata, sebuah perusahaan besar yang korup. Komik ini dibuat di studio Top Cow Production dan diterbitkan oleh Image Comic.

VOLUME 1 (1992)

Komik perdana ini dirilis pada Oktober 1992 dengan mengangkat judul Tin Men of War. Ceritanya mengisahkan tentang pelarian Carin Taylor (Velocity) dari Cyberdata dan kejar oleh pasukan yang dipimpin oleh saudaranya sendiri Cassandra Taylor (Ballistic). 

Dalam pelariannya ini ia bertemu dengan sekelompok mutan yang telah melarikan diri sebelumnya. Mereka adalah: Stryker, Cyblade, Heatwave, Impact dan Ripclaw.

Para mutan ini memiliki kemampuannya sudah ditingkatkan secara cyber. Mereka sengaja diubah untuk dijadikan tentara super SHOCs (Special Hazardous Operation Cyborg) namun melarikan diri dan bergabung menjadi Cyber Force, sebuah tim yang misinya menjatuhkan Cyberdata selamanya.

VOLUME 2 (1993)

Pada Oktober 1993 dikarenakan penjualan yang tinggi, dibuatlah Cyber Force #0 one-shot yang berisikan naskah dan seni oleh Walter Simonson berdasarkan plot dari Marc dan Eric Silvestri.

Kemudian dilanjutkan dengan serial baru yang diterbitkan oleh Image Comic melalui Top Cow Production mulai November 1993 sebanyak 33 edisi. 

Pada terbitan ini dilakukan beberapa Cross-over melalui cerita Killer Instinct yang mencakup Wild ACT #5-7 dan Cyber Force vol 2 #1-3. 

VOLUME 3 (2006)

Pada tahun 2006, serial ini coba dihidupkan kembali oleh Ron Marz (Cerita) dan Pat Lee (Gambar) sebanyak enam edisi yang terbit antara bulan April - September dengan judul Rising From The Ashes.

VOLUME 4 (2012)

Top Cow memulai merilis volume ini pada Oktober 2012. Komik ini merupakan reboot Cyber Force, sebagai bagian dari inisiatif Top Cow Rebirth. Lima terbitan pertama dirilis secara gratis. Dalam terbitan ini Khoi Pham diangkat sebagai ilustrator. 

VOLUME 5 (2015/2018)

Komik yang ceritanya ditulis oleh Matt Hawkins ini dirilis pada layanan webcomic Webtoon pada tahun 2015 dan kemudian dicetak oleh Image pada tahun 2018. 

KOMIK - KOMIK TERKAIT CYBER FORCE 

STRYKE FORCE (Januari 1994) : Mengisahkan sekelompok pasukan cyborg yang dibentuk ketika ada sebuah misi yang tidak dapat dilakukan oleh Cyberforce. Mereka terdiri dari :

  • Stryker (Kolonel Morgan Striker), Cyborg dengan 3 lengan Cybernetik yang dapat dilepas di sisi kanannya.
  • Phade, Mutan yang bisa mengubah kepadatan molekul. 
  • Black Anvil, pembangkit listrik pendek berwarna biru kobalt dengan kekuatan luar biasa.
  • Bloodbow, seorang penembak jitu.
  • Icarus, pria dengan tulang belakang berlubang yang memiliki kekuatan terbang. 

Jumlahnya 14 edisi (Nomor 1-9 ditulis David Wohl dan Marc Silvestri, digambar oleh Brandon Peterson. Nomor 10-14 ditulis Steve Gerber dan digambar oleh Billy Tan. Edisi #0 diterbitkan antara #13 dan #14) . Komik ini luncurkan kembali sebanyak 5 edisi pada tahun 2004, oleh Jay Faerber (Cerita) dan Tyler Kirkham (Gambar)

KOMIK SIDE STORY 

1. Ripclaw (1 April 1995)

2. Cyblade 

CROSS OVER 

1. Cyblade Vs Shi jilid 1-2 (1995)

No comments:

Post a Comment