Wednesday, December 20, 2023

DESAIN RANGKAIAN LISTRIK PADA SEBUAH SEPEDA MOTOR


Jika mendengar kata rangkaian listrik, maka pada umumnya yang terbayang di kepala kita keruwetan kabel- kabel yang berwarna warni, sehingga menjadikan enggan untuk mempelajarinya. 

Dalam postingan ini saya mencoba mengurai dan membuat sebuah diagram sederhana rangkaian listrik pada sebuah sepeda motor. Diagram yang saya buat ini tidak mengacu dari satu jenis motor merk atau type tertentu, melainkan sebuah pemodelan untuk membantu memahami cara kerja dan menelusuri aliran arus dalam kabel- kabel tersebut.

Hal pertama perlu diketahui dalam memahami kelistrikan motor adalah bahwa terdapat dua sumber dan jenis listrik yang terlibat, yaitu : listrik DC yang berasal dari accu dan listrik AC yang berasal dari alternator.

LISTRIK YANG KELUAR DARI ALTERNATOR

Arus listrik AC yang keluar dari sebuah alternator adalah berasal dari putaran mesin. Jika mesin bergerak, maka pada alternator itu timbul arus listrik. Untuk menjelaskan perjalanan arus ini, kita gunakan gambar berikut.

Dari gambar di atas, dapat dipahami bahwa arus yang keluar dari alternator sebagian disalurkan ke lampu utama (gambar rangkaian sebelah kanan gambar alternator) dan yang lain ke accu, setelah sebelumnya melewati kiprok (gambar di bawah alternator)

Fungsi dari alat kiprok ini adalah sebagai penyearah arus bolak-balik. Sehingga setelah melewati alat ini, arus listrik yang semula AC dirubah menjadi DC.

ASAL ENERGI AWAL PADA ALTERNATOR

Listrik yang keluar dari alternator berasal dari putaran mesin. Lalu darimana putaran mesin itu berawal?

Untuk dapat memahami hal ini, marilah kita kembangkan gambar di atas menjadi seperti gambar berikut:

Dalam gambar ini terdapat komponen tambahan utama berupa saklar kontak, CDI, Pulser, Koil dan Busi.

  • Pulser berfungsi untuk mendeteksi gerakan mesin dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.
  • CDI berfungsi untuk memperkuat sinyal listrik.
  • Koil berfungsi untuk melipatgandakan tegangan
  • Busi berfungsi mengubah tegangan listrik menjadi percikan api.
Berikut adalah simulasi timbulnya gerakan awal pada mesin sehingga berkelanjutan pada sebuah motor. 

Mula- mula saklar kontak diposisikan terhubung (ON).

Ketika kontak dalam posisi on dan motor distater pakai kaki, maka gerakan kaki ini akan diteruskan oleh roda gigi diubah menjadi putaran mesin yang membangkitkan listrik dari alternator, sekaligus menciptakan sinyal listrik pada pulser.

Sinyal listrik dari pulser ini selanjutnya diteruskan ke CDI untuk diperkuat. Dan sinyal yang sudah diperkuat ini kemudian dilanjutkan ke koil untuk dilipatgandakan tegangannya menjadi ribuan Volt.

Tegangan ribuan Volt ini kemudian disalurkan ke busi, sehingga menimbulkan percikan api pada kedua ujungnya.

Percikan bunga api ini menyebabkan terbakarnya uap bensin dalam ruang pembakaran sehingga menimbulkan ledakan dan menggerakkan piston.

Gerakan piston ini dengan bantuan roda gigi diubah menjadi putaran mesin.

Dan putaran mesin ini kemudian membangkitkan listrik dari alternator sehingga bisa dipakai untuk mensuplay energi listrik  pada CDI dan busi untuk putaran selanjutnya.

Jika posisi piston, percikan api busi dan pembangkitan listrik oleh alternator ini sinkron, maka secara otomatis mesin akan bergerak secara terus menerus.


Gambar di bawah ini adalah penyempunaan dari gambar sebelumnya, dengan penambahan komponen motor starter, lampu zein, dan klakson.

Kalau pada uraian sebelumnya untuk pertama kali menggerakkan alternator harus menggunakan starter kaki, maka pada bagan ini penggerakkan alternator dilakukan oleh motor.

Prinsip kerjanya kurang lebih sebagai berikut.

Ketika kontak dalam posisi on dan kemudian saklar starter ditekan, maka relay akan menghubungkan listrik dari accu ke motor dan membuatnya berputar.

Putaran motor ini disambungkan ke alternator dan secara otomatis ke pulser, sehingga mesin dapat "hidup" sesuai proses pada uraian sebelumnya. 

Komponen flasher ini berfungsi untuk memutus-mutus arus dari accu/ alternator, sehingga membuat lampu zein berkedip.

Demikian catatan saya tentang bagan kelistrikan sebuah motor bakar, semoga postingan ini bermanfaat :)


No comments:

Post a Comment