Saturday, December 9, 2023

CONTOH MEDIA PENGAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN


Sistem Koodinat Kartesius adalah sebuah konsep abstrak yang sangat berguna bagi siswa untuk dapat memahami dan memecahkan beberapa persoalan matematika. Materi ini diperkenalkan di bangku SD dan terus berlanjut hingga Perguruan Tinggi. 

Mengingat pentingnya materi ini, maka perlu bagi siswa untuk memahaminya dengan baik dan benar tentang sistem koordinat Kartesius. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman ini adalah dengan banyak melakukan latihan. 

Terkait dengan hal ini saya memiliki sebuah pengalaman yang mengesankan ketika pertama kali belajar tentang sistem koordinat Kartesius ketika masih di bangku Sekolah Dasar. 

Saat itu kami diminta untuk merajah sejumlah titik posisi pada sebuah sumbu Kartesius. Semula saya melakukan tugas ini dengan enggan karena merasa bahwa pekerjaan ini cukup melelahkana. Namun ketika ada salah seorang teman berteriak kegirangan ketika berhasil menyelesaikan tugas itu dan mendapatkan gambar hasil menyerupai seekor kura - kura, hal itu mengejutkan dan membangkitkan semangat serta rasa ingin tahu saya. Dan akhirnya saya pun dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan rasa gembira dan puas melihat hasilnya.

Berdasarkan pengalaman maka ketika menjadi guru, saya mencoba menduplikasi metode ini dengan gambar lumba - lumba dan kuda. Tugas gambar lumba - lumba ini saya berikan sebagai tes awal untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa ketika hendak masuk ke materi Sistem Koordinat Kartesius, sedangkan gambar kuda saya gunakan sebagai tugas remidi jika ada yang gagal atau masih belum paham tentang koordinat Kartesius.

GAMBAR LUMBA - LUMBA : 

Buatlah sumbu Kartesius pada kertas kotak - kotak, dengan panjang sumbu x antara -6 sampai dengan 8, dan sumbu y antara 12 hingga -12. 

a) Gambarkan titik - titik koordinat ini pada sumbu Kartesius yang sudah anda buat!

  • A = (6,5)
  • B = (7,5)
  • C = (6,7)
  • D = (4,7)
  • E = (2,10)
  • F = (-1,10)
  • G = (-3,8)
  • H = (-3,7)
  • I = (-5,5)
  • J = (-5,4)
  • K = (-3,5)
  • L = (-1,5)
  • M = (0,2)
  • N = (-1,0)
  • O = (-1,-1)
  • P = (0,0)
  • Q = (1,0)
  • R = (1,-4)
  • S = (0,-5)
  • T = (-2,-3)
  • U = (-3,-3)
  • V = (-2,-5)
  • W = (-2,-7)
  • X = (-3,-10)
  • Y = (0,-7)
  • Z = (4,-4)
  • A' = (5,-1)
  • B' = (5,3)
b) Hubungkan titik titik di atas dari A sampai B' !

GAMBAR KUDA :

Buatlah sumbu Kartesius pada kertas kotak - kotak, dengan panjang sumbu x antara -6 sampai dengan 8, dan sumbu y antara 12 hingga -12. 

a) Gambarkan titik - titik koordinat ini pada sumbu Kartesius yang sudah anda buat!

  • A = (-1,-18)
  • B = (0,-14)
  • C = (2,-10)
  • D = (2,-3)
  • E = (0,-4)
  • F = (-2,-6)
  • G = (-2,-7)
  • H = (-3,-8)
  • I = (-5,-8)
  • J = (-6,-7)
  • K = (-6,-4)
  • L = (-5,-3)
  • M = (-3,3)
  • N = (-3,5)
  • O = (-1,9)
  • P = (0,10)
  • Q = (-1,11)
  • R = (-1,14)
  • S = (0,16)
  • T = (1,13)
  • U = (1,11)
  • V = (2,13)
  • W = (5,16)
  • X = (5,12)
  • Y = (3,9)
  • Z = (5,9)
  • A' = (8,7)
  • B' = (7,7)
  • C' = (6,6)
  • D' = (8,5)
  • E' = (10,2)
  • F' = (9,2)
  • G' = (8,1)
  • H' = (10,0)
  • I' = (11,-2) 
b) Hubungkan titik titik di atas dari A sampai I' !

OPINI
Terlepas dari pengalaman pribadi, saya berpendapat bahwa tugas ini bagus untuk diberikan kepada siswa untuk latihan. Karena:
  1. Latihan ini menuntut ketekunan dan ketelitian untuk siswa yang mengerjakannya. Dengan berlatih merajah titik - titik koodinat tersebut, siswa secara berulang ditanamkan adanya hubungan antara angka - angka koordinat dan posisi sebuah titik pada diagram Kartesius.
  2. Hasil akhir pekerjaan yang berupa sebuah objek tertentu, secara tidak langsung membantu siswa untuk melakukan koreksi jika terdapat kesalahan atau kekurangtelitian pada saat ia merajah titik - titik tersebut.
  3. Dengan mengamati proses dan melihat hasil akhirnya, secara tidak langsung guru dapat melihat sejauh mana pemahaman siswa akan koordinat Kartesius. 
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :) 

No comments:

Post a Comment