Sunday, January 19, 2020

CONTOH PERISTIWA PEMUAIAN DI SEKITAR KITA

KENAPA REL KERETA API ?

Dulu ketika pertama kali belajar tentang materi pemuaian di tingkat Sekolah Dasar, dalam sebuah ulangan saya mendapat pertanyaan sebagai berikut :

Soal : 
Sebutkan contoh peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari - hari !

Jawaban : Celah pada sambungan rel kereta api ! 😲

karena jawaban ini, saya mendapat nilai yang bagus 😊

Jawaban tersebut tidak salah karena memang itu kunci jawabannya 😁

Ketika saya di bangku SMP saat mempelajari bab pemuaian, saya menemui soal yang kurang lebih sama dan ........ jawabannya juga sama ! dapat nilai bagus lagi 😋

Ketika saya menjadi guru dan membaca buku - buku paket, ternyata pada bab pemuaian saya dapati soal di tingkat Sekolah dasar dan SMP yang kurang lebih sama ... dan hampir semua buku mencantumkan contoh atau jawaban  CELAH PADA SAMBUNGAN REL KERETA API 😄

Saya coba ketik di google 
Kalimat : Contoh peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari - hari 

Jawaban yang muncul : 
Berikut ini beberapa contoh penerapan prinsip pemuaian dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi manusia.

  • Termometer. ...
  • Keping Bimetal. ...
  • Pengelingan Pelat Logam. ...
  • Pemasangan Bingkai Logam pada Roda. ...
  • Sambungan Rel Kereta Api. ...😆
  • Celah Pemuaian pada Jalan Layang


Timbul sebuah pertanyaan dalam pikiran saya, kenapa untuk pertanyaan contoh pemuaian dalam kehidupan sehari - hari, jawaban sambungan rel kereta api begitu populer ? 

Padahal kalau dicermati, tidak semua wilayah di Indonesia dilewati rel kereta api

Saya menduga bahwa munculnya jawaban SAMBUNGAN REL KERETA API ini kemungkinan terjadi karena :

  1. Contoh ini dipilih  karena tampak nyata dan bisa di bayangkan resikonya apabila efek pemuaian diabaikan.
  2. Kebijakan dengan tujuan keseragaman materi, sehingga guru yang berpindah mengajar dari satu kota ke kota yang lain mendapati bahwa di manapun beliau mengajar, maka semua siswa sudah tahu kalau salah satu contoh peristiwa pemuaian adalah Rel kereta api.
  3. Guru ketika mengajar masih enggan untuk keluar dari zona nyaman dengan pengetahuan yang diperolehnya ketika masih kecil saat di bangku sekolah. Sehingga terjadi pewarisan pengetahuan yang sama dari generasi ke generasi. Dan bisa jadi nanti di tahun 2050 ketika seorang siswa diberi pertanyaan : Sebutkan contoh peristiwa pemuaian dalan kehidupan sehari hari ! maka jawaban : Rel Kereta api akan muncul lagi (Dengan catatan pada tahun tersebut masih ada alat transportasi kereta api)
  4. Sang Penulis / Penyusun buku merasa bahwa contoh itu sudah benar (karena memang selama ini jawaban tersebut tidak ada yang membantah alias benar)


Masalahnya bagaimana kalau di suatu daerah tidak dilintasi  kereta api ? Paling siswa hanya bisa membayangkan atau ditunjukkan gambar rel kereta api 😔


SHARING :

Pada suatu ketika dalam sebuah perjalanan dari Surabaya ke Kediri, secara tidak sengaja saya menemukan contoh peristiwa pemuaian yang belum pernah saya temui dalam buku, yaitu terangkatnya beton cor  pada median jalan.


Peristiwa ini menurut saya timbul karena pada saat pembuatannya sang pemborong lupa / tidak memperhitungkan efek pemuaian.

Gambar ini bisa disajikan sebagai bahan diskusi siswa pada saat membahas materi tentang pemuaian ditinjau dari hukum - hukum fisika.

Semoga sharing ini dapat memperkaya perbendaharaan pengetahuan tentang contoh peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari - hari.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.

JOEL

No comments:

Post a Comment