Friday, April 9, 2021

CARA MEMBUAT ELEKTROSKOP SEDERHANA

Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi apakah sebuah benda bermuatan listrik statis ataukah netral. Jika kita mendengar nama alat ini, maka biasanya di dalam kepala kita akan terbayang sebuah alat canggih yang diperkirakan berharga mahal dan adanya hanya di laboratorium. 

Dalam postingan kali ini saya berbagi informasi tentang cara membuat sebuah elektroskop sederhana dengan biaya murah dan memanfaatkan benda - benda di sekitar kita.

Untuk membuat elektroskop ini, bahan dan alat yang kita perlukan adalah: 

  • 1 botol air mineral ukuran 500 ml bekas
  • 1 buah peniti besar
  • Sepotong aluminium foil berukuran 10 cm x 0,5 cm (Jika kesulitan mencari aluminium foil, dapat digunakan kertas pembungkus permen coklat bagian dalam yang berwarna keemasan)
  • ... dan sebuah tang.

Pertama - tama pastikanlah botol dalam keadaan kering terutama bagian dalamnya. 

Ambillah sebuah peniti besar dan dengan menggunakan tang bukalah lengkungan peniti itu sehingga menjadi lurus. 

Lepaskan tutup botol itu dan dengan menggunakan peniti yang sudah diluruskan, buatlah lubang tepat di tengah - tengah tutup itu dan tancapkan peniti dengan bagian ujung tajam mengarah ke dalam botol.

Jika peniti sudah masuk, tekuklah bagian yang lancip kurang lebih 0,5 cm sehingga menyerupai huruf U.

Ambilah aluminium foil berukuran 10 cm x 0,5 cm dan lipatlah menjadi 2, kemudian selipkan lipatan itu pada tekukan peniti yang sudah dibuat, seperti gambar di atas. Untuk memperkuat posisi aluminium foil agar tidak terlepas, dapat ditambahkan sedikit lem pada sudut aluminium foil (tetapi harus dipastikan bahwa permukaan aluminium foil menyentuh batang peniti yang menyangganya)

Masukkan bagian peniti yang sudah ditekuk dan berisi lipatan aluminium foil tersebut ke dalam botol lalu putarlah tutuplah.

Elektroskop sudah siap digunakan 😎👍


CARA MENGETES ELEKTROSKOP BUATAN SENDIRI 

Sebelum digunakan, pastikan terlebih dahulu bagian dalam botol dalam kondisi kering. Untuk keberhasilan percobaan ini sebaiknya digunakan penggaris plastik yang masih baru dan dilakukan pada siang hari ketika cuaca cerah dan udara tidak lembab.

Ambillah sebilah penggaris plastik dan gosok-gosoklah dengan kuat menggunakan kertas/ rambut.

Dekatkan bagian penggaris yang sudah digosok itu pada kepala peniti elektroskop dengan tanpa menyentuhnya. Jika percobaan ini berhasil, ketika penggaris didekatkan ke kepala peniti maka lembar aluminium foil akan tampak saling menjauh satu sama lain, dan ketika penggarisnya dijauhkan, maka lembar aluminium tersebut kembali saling mendekat.

Semoga sharing ini bermanfaat dan memberi inspirasi, Selamat mencoba :)

JOEL


No comments:

Post a Comment