Kamis, 10 Desember 2015

RAHASIA DI BALIK BUJUR SANGKAR AJAIB MELENCOLIA I KARYA DURER

Melencolia I adalah sebuah karya ukir yang dibuat oleh Albrecht Durer seorang seniman Jerman pada tahun 1514. Albrecht Durer lahir pada tanggal 21 Mei tahun 1471 dan meninggal pada usia 56 tahun.

Ukiran ini menggambarkan seorang wanita bersayap yang berada dalam ruang yang berisi macam - macam benda. Wanita ini tampak merenung di depan beragam alat tukang kayu yang berserakan di lantai.

Sepintas tidak ada yang istimewa pada karya ini, karena pada masa tersebut ada cukup banyak karya ukir semacam ini. 

Namun jika kita perhatikan secara seksama, ada yang ajaib dan misterius dari gambar ini. 

Perhatikan gambar bujur sangkar di belakang wanita bersayap tersebut.

Jika kita cermati angka - angka pada persegi tersebut maka kita akan sadar bahwa itu adalah sebuah bujur sangkar ajaib!

Jumat, 30 Oktober 2015

PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR

Mungkin pernah pada suatu ketika seorang guru sedang mengajar terceletuk oleh seorang siswa sebuah ungkapan "Ah itu hanya teori ! " Saya pernah mengalami hal ini. Terus terang bagi seorang guru yang mengajar saat, kalimat tersebut bukanlah ungkapan yang menyenangkan, namun tidaklah perlu ungkapan semacam itu dibalas dengan ungkapan balik ataupun sanggahan kata - kata. Ungkapan tersebut kiranya menjadi refleksi bagi seorang pengajar apakah apa yang diajarkannya bermakna bagi siswa.

Tulisan berikut adalah sumbangan pemikiran yang dapat dan sudah pernah saya lakukan (disesuaikan kondisi) ketika saya mengajar matematika.

Sabtu, 10 Oktober 2015

CONTOH TUGAS TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Tugas Terstruktur adalah tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tersebut terhadap suatu materi pelajaran pemberian tugas ini dibatasi waktunya dan ditentukan oleh guru. Sedangkan Tugas Tidak Terstruktur (Kegiatan mandiri) adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.

Berikut adalah contoh tugas terstruktur dan Kegiatan Mandiri mata pelajaran matematika yang pernah saya terapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Rabu, 12 Agustus 2015

CONTOH TUGAS TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI)

Salah satu tuntutan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah adanya Tugas Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur. 

TUGAS TERSTRUKTUR

Tugas terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.

Senin, 20 Oktober 2014

PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN CERITA

Ide tulisan ini saya temukan ketika membaca buku Hasta Karya Anak - Anak tema MATEMATIKA RIA, cerita ini sangat bagus dan dapat digunakan sebagai pengantar sebelum pembelajaran materi Barisan dan Deret Bilangan. 


Percayakah anda bahwa Dracula vampire itu ada?

Sabtu, 20 September 2014

GANETRI SI BUAH BIRU

Ketika sedang mengantar siswa berkemah di sekitar daerah Pacet, saya berjalan - jalan di sekitar hutan lokasi kegiatan. Tanpa sengaja saya melihat ke bawah dan menemukan buah yang unik yang bentuk dan ukurannya menyerupai buah keres (kersen).

Namun yang unik dari buah ini adalah warnanya yang biru. Terus terang saya belum pernah menemui buah ini, sehingga sepintas muncul dalam pikiran bahwa ini adalah ulah iseng orang yang bisa-bisanya dan mungkin kurang kerjaan sehingga ada waktu untuk mengecat buah ini 😛.