Sunday, July 9, 2023

PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR

Mungkin pernah pada suatu ketika seorang guru sedang mengajar terceletuk oleh seorang siswa sebuah ungkapan "Ah itu hanya teori ! " Saya pernah mengalami hal ini. Terus terang bagi seorang guru yang mengajar saat, kalimat tersebut bukanlah ungkapan yang menyenangkan, namun tidaklah perlu ungkapan semacam itu dibalas dengan ungkapan balik ataupun sanggahan kata - kata. Ungkapan tersebut kiranya menjadi refleksi bagi seorang pengajar apakah apa yang diajarkannya bermakna bagi siswa.

Tulisan berikut adalah sumbangan pemikiran yang dapat dan sudah pernah saya lakukan (disesuaikan kondisi) ketika saya mengajar matematika.

MENGUKUR TINGGI TIANG BENDERA
Kegiatan ini dapat dilakukan dengan beberapa skenario (bergantung pada situasi dan kondisi yang ada), berikut saya paparkan salah satu skenario yang bisa dilakukan .

Skenario 1
Satu atau 2 hari sebelum kegiatan belajar, mintalah salah seorang siswa yang tingginya kurang lebih 150 cm (Angka ini saya pilih dengan pertimbangan tinggi rata- rata siswa SMP dan ..... agar menghitungnya mudah 😉) untuk berdiri di samping tiang bendera sekolah kemudian ambillah fotonya lengkap dengan tiang bendera dari kaki sampai ujung tiang . Kemudian gambar itu dicetak ukuran 1/2 folio, sebanyak 1/2 dari jumlah siswa.

Pada saat pelajaran bagikan gambar tersebut pada siswa dan menginformasikan bahwa tinggi siswa dalam foto adalah 150 cm . Kemudian berdasarkan gambar tersebut mintalah mereka untuk menghitung tinggi tiang bendera. dan menuliskannya di buku catatan mereka. 
Setelah siswa berhasil menyelesaikan hitungannya dengan benar, siswa ditugaskan menentukan tinggi pohon / gapura / menara yang ada di sekolah dengan menggunakan teknik tersebut.

Skenario 2
Guru membuat sketsa gambar seorang siswa yang berdiri di samping tiang bendera dan menyampaikan informasi bahwa tinggi siswa dalam gambar tersebut 150 cm. Siswa diminta menghitung tinggi tiang bendera.
Setelah siswa berhasil menyelesaikan hitungannya dengan benar, siswa ditugaskan menentukan tinggi pohon / gapura / menara yang ada di sekolah dengan menggunakan teknik tersebut.


TES
Pada saat tes dapat disajikan gambar di samping siswa diminta menambahkan gambar atap gedung tersebut dengan bantuan gambar atap yang ada, kemudian dengan perkiraan tinggi orang dalam gambar itu 180 cm, siswa diminta menghitung tinggi bangunan .

MATERI YANG LAIN
Di samping materi di atas,berikut adalah beberapa kegiatan pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pelajaran matematika :
👌 Mengukur diameter / jari- jari roda sepeda dan kemudian menghitung kelilingnya.
👌 Mengukur diameter bola dan menghitung volume dan luas permukaannya
👌 Mengukur sisi ubin dan menghitung luasnya
👌 Mengukur panjang, lebar dan tinggi ruang kelas kemudian menghitung diagonal bidang dan diagonal ruang (sebaiknya angka hasil pengkurannya dibulatkan sehingga mempermudah penghitungan)

Artikel yang lain :
Pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pengajaran mata pelajaran Fisika

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi.

No comments:

Post a Comment