Kamis, 01 Agustus 2019

KATA - KATA INSPIRATIF HELLEN KELLER

" Jangan pernah tundukan kepalamu, selalu tegakkan. Lihat dunia dengan matamu."

"Dunia memang penuh penderitaan. tetapi juga penuh jalan keluar."

Minggu, 10 Maret 2019

PERISTIWA GUTASI DI SEKITAR KITA


Pagi ini saya tertarik untuk mengamati daun - daun tanaman di sekitar rumah. Cuacanya cukup cerah dan semalam tidak turun hujan. 

Seketika mata saya tertuju pada setetes air di tepi salah satu daun tanaman philodendron. Dan jika diamati secara lebih teliti lagi, ternyata ada 2-3 tetes air tertempel pada tepian masing - masing daun tanaman itu. 

Darimana asal air ini? 
Bukankah semalam tidak turun hujan?

Rabu, 02 Januari 2019

KATA - KATA INSPIRATIF SUN TZU

” Anda harus percaya pada diri sendiri . ”

” Mengenal diri sendiri dan Anda akan memenangkan semua pertempuran ”

"Kenali dirimu, kenali musuhmu, seribu pertempuran, seribu kemenangan"

Sabtu, 20 Oktober 2018

TUGAS TERSTRUKTUR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

Jika kita menunjuk sebatang tanaman yang ada di halaman sekolah dan menanyakan pada siswa tentang nama tanaman tersebut, maka kemungkinan hanya 1 dari 10 siswa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. 

Sebagian besar dari siswa akan menjawab bahwa mereka sering melihat tanaman tersebut tetapi tidak mengetahui namanya. 

Pemberian tugas ini selain sebagai salah satu pemenuhan tagihan nilai siswa, adalah juga untuk menanamkan rasa kepedulian siswa pada lingkungan sekitarnya. 

Dalam tugas ini siswa diminta melakukan identifikasi nama makhluk hidup dan menelusuri kekerabatannya dengan tumbuhan lain yang ada di sekitarnya.

Senin, 08 Oktober 2018

CONTOH TUGAS TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI MATA PELAJARAN IPA (FISIKA)

Salah satu tuntutan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah adanya TUGAS TERSTRUKTUR dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR. Sebenarnya tuntutan ini sudah ada sejak kurikulum 2006,

Menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi :
  • Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.
  • Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
Dalam postingan ini saya ingin berbagi pengalaman dalam memberikan kedua jenis tugas ini pada para siswa kelas VIII dan IX

TUGAS TERSTRUKTUR Mata Pelajaran Fisika kelas IX dengan materi Listrik dinamik :
Tugas ini diberikan ketika siswa sedang belajar mengenai rangkaian hambatan secara seri dan paralel. Setelah siswa mendapatkan latihan yang cukup tentang cara menghitung nilai hambatan total sebuah rangkaian, sebagai pemantapan dan tantangan, siswa diberikan tugas sebagai berikut :
Contoh Rencana / Program Tugas Terstruktur

Senin, 10 September 2018

JENIS GERAK TUMBUHAN DAN CONTOHNYA

Hari itu suasana cukup cerah dan angin bertiup sepoi- sepoi. Seorang siswa melihat daun pada tanaman di sebelahnya tampak bergerak- gerak. Apakah ini tanda bahwa tumbuhan bisa bergerak? 

Tentu saja bukan 😂 karena daun itu tidak bergerak, melainkan digerak- gerakkan oleh angin 😁

Lalu apakah benar tumbuhan itu bergerak? 

Iya ! Benar! Tumbuhan bergerak dan bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya !

Tidak seperti hewan yang bisa berjalan, berlari atau melompat ke sana kemari. Tumbuhan bergerak dalam diamnya 😎.


Contoh paling populer dan dramatis yang merupakan bukti bahwa tumbuhan dapat bergerak adalah gerak mengatup pada tanaman Venus flytrap. Bagian tanaman yang menyerupai "mulut dengan gigi tajam" tersebut biasanya dalam keadaan terbuka, dan jika ada serangga masuk ke dalamnya, maka secara otomatis akan menutup dan menjebak serangga itu di dalamnya hingga mati dan kemudian sari- sarinya dihisap oleh tumbuhan itu 😨