Wednesday, November 9, 2022

PERISTIWA GUTASI DI SEKITAR KITA


Pagi ini saya tertarik untuk mengamati daun - daun tanaman di sekitar rumah. Cuacanya cukup cerah dan semalam tidak turun hujan. 

Seketika mata saya tertuju pada setetes air di tepi salah satu daun tanaman philodendron. Dan jika diamati secara lebih teliti lagi, ternyata ada 2-3 tetes air tertempel pada tepian masing - masing daun tanaman itu. 

Darimana asal air ini? 
Bukankah semalam tidak turun hujan?

Tetes air yang saya lihat itu adalah contoh peristiwa gutasi pada tanaman!

Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun . Peristiwa ini terjadi karena jumlah air yang diserap lewat akar lebih banyak dibanding yang diperlukan, sehingga terjadi kelebihan air dalam tumbuhan tersebut. Kelebihan air tersebut kemudian dilepaskan melalui "lubang daun" semacam stomata yang disebut hidatoda yang terdapat di sepanjang tepi atau ujung daun. 

Peristiwa gutasi ini dapat kita temukan pada tanaman di sekitar kita. Biasanya berupa tetes air pada ujung atau tepi daun tanaman pada pagi hari. 

Berikut adalah contoh beberapa gambar peristiwa gutasi yang saya temukan pada pagi hari itu.




Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

No comments:

Post a Comment