Senin, 01 Januari 2018
Selasa, 14 November 2017
PERSAMAAN 2 GARIS LURUS (2)
PERSAMAAN 2 GARIS LURUS YANG SEJAJAR SATU SAMA LAIN
Jika ada dua buah garis y1 dan y2 saling sejajar satu sama lain (seperti tampak pada gambar di samping) maka nilai gradien kedua garis tersebut adalah sama , m1 = m2
Misal gradien garis pertama adalah 5, maka gradien garis kedua adalah 5
Selasa, 07 November 2017
PERSAMAAN GARIS LURUS (1)

Sebuah garis lurus pada bidang Kartesius dapat dituliskan dalam bentuk persamaan :
y = mx + c
Dimana m merupakan gradien atau kemiringan garis, dan c merupakan titik potong pada sumbu y.
Secara sederhana, untuk menemukan persamaan garis lurus yang melewati 2 titik bisa digunakan persamaan :
(y - b) = m(x - a)
Kamis, 14 September 2017
CONTOH MEDIA PENGAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN
Sistem Koodinat Kartesius adalah sebuah konsep abstrak yang sangat berguna bagi siswa untuk dapat memahami dan memecahkan beberapa persoalan matematika. Materi ini diperkenalkan di bangku SD dan terus berlanjut hingga Perguruan Tinggi.
Mengingat pentingnya materi ini, maka perlu bagi siswa untuk memahaminya dengan baik dan benar tentang sistem koordinat Kartesius. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman ini adalah dengan banyak melakukan latihan.
Kamis, 20 April 2017
CONTOH PELAKSANAAN DAN ARSIP KEGIATAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Ketika seorang guru selesai melakukan sebuah penilaian harian, biasanya dari keseluruhan peserta didik ada sebagian yang belum memenuhi KKM.
Untuk siswa yang belum mencapai KKM ini perlu diberikan kegiatan remidial agar dapat mengikuti materi selanjutnya, terlebih apabila materi ini terkait dengan materi selanjutnya.
Sedangkan siswa yang sudah tuntas dapat diberikan kegiatan pengayaan untuk memperdalam penguasaan materi yang telah dipelajarinya.
Pelaksanaan kegiatan remidial dan pengayaan ini perlu dilakukan pengarsipan oleh guru sebagai salah satu bukti fisik yang mungkin akan diperlukan di kemudian hari.
Jumat, 10 Februari 2017
CARA MENYUSUN KRITERIA PENILAIAN
Pada waktu awal mengajar saya mengalami kendala dalam hal konsistensi saat mengkoreksi pekerjaan siswa. Untuk sebuah tes dalam bentuk soal uraian, saya bahkan pernah sampai mengkoreksinya beberapa kali, dengan jumlah murid sekitar 40 orang. Lumayan melelahkan 😔
Dari pengalaman tersebut akhirnya saya menyadari perlunya membuat sebuah kriteria penilaian 😲
Langganan:
Komentar (Atom)




