Wednesday, April 19, 2023

CONTOH PELAKSANAAN DAN ARSIP KEGIATAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN

 

Ketika seorang guru selesai melakukan sebuah penilaian harian, biasanya dari keseluruhan peserta didik ada sebagian yang belum memenuhi KKM. 

Untuk siswa yang belum mencapai KKM ini perlu diberikan kegiatan remidial agar dapat mengikuti materi selanjutnya, terlebih apabila materi ini terkait dengan materi selanjutnya. 

Sedangkan siswa yang sudah tuntas dapat diberikan kegiatan pengayaan untuk memperdalam penguasaan materi yang telah dipelajarinya.

Pelaksanaan kegiatan remidial dan pengayaan ini perlu dilakukan pengarsipan oleh guru sebagai salah satu bukti fisik yang mungkin akan diperlukan di kemudian hari.

KEGIATAN REMIDIAL 

Sebuah kegiatan remidial dapat dilakukan dalam bentuk pengajaran ulang, penugasan atau bimbingan khusus. 

Secara sederhana jenis kegiatan remidial yang dipilih dapat dipertimbangkan berdasar jumlah peserta yang mengikutinya. Jika sebagian besar atau lebih dari 50% peserta didik belum mencapai KKM, maka sebaiknya dilakukan pengajaran ulang pada seluruh kelas. Namun jika pesertanya kurang dari 20% sebaiknya dilakukan bimbingan khusus di luar jam pelajaran, karena biasanya (dari pengalaman penulis) siswa- siswa ini memerlukan perhatian dan pendekatan khusus. Sedangkan jika pesertanya antara 20% - 50% dapat dilakukan penugasan yang relevan.

Setelah pelaksanaan kegiatan pengajaran ulang, bimbingan khusus atau penugasan maka perlu dilakukan tes ulang untuk melihat perkembangan pemahaman siswa, sehingga siap untuk materi selanjutnya.

Idealnya kegiatan remidial ini dilakukan setelah dilakukan Analisa Hasil Ulangan, sehingga dapat diketahui dengan pasti pada soal nomor berapa siswa mengalami kesulitan. Namun karena keterbatasan waktu atau tenaga, menurut hemat saya dapat diganti dengan pertanyaan- pertanyaan diagnosis pada siswa peserta remidial.

Dengan pertanyaan- pertanyaan awal atau komunikasi dengan peserta, seorang guru dapat menerka letak kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan dan diujikan.
 
Pemilihan soal tes untuk remidial ini difokuskan pada materi yang harus dikuasai siswa. Sebaiknya dipilihkan materi yang essesensial dan berkesinambungan pada materi selanjutnya.

Namun dikarenakan beberapa pertimbangan tertentu, guru dapat juga menggunakan tes yang sudah diberikan sebelumnya.

KEGIATAN PENGAYAAN 

Kegiatan pengayaan bersifat memperluas dan memperdalam wawasan dan pengetahuan siswa akan materi yang sudah diajarkan. Kegiatan ini bisa berupa tugas membuat alat peraga yang relevan dengan materi, atau bisa juga dalam bentuk kegiatan sederhana mengerjakan soal - soal tantangan. Waktu pelaksanaannya bisa di luar atau dalam jam pelajaran.

Pelaksanaan kegiatan pengayaan berupa latihan soal- soal tantangan dapat dilakukan pada jam pelajaran bersamaan dengan tes remidial bagi siswa yang belum tuntas. 

Untuk memperkuat arsip ini, bila memungkinkan sebaiknya ditambahkan barang 1 atau 2 foto pelaksanaan kegiatan remidial dan pengayaan.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

JOEL



No comments:

Post a Comment