Rabu, 02 Januari 2019
Sabtu, 20 Oktober 2018
TUGAS TERSTRUKTUR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
Jika kita menunjuk sebatang tanaman yang ada di halaman sekolah dan menanyakan pada siswa tentang nama tanaman tersebut, maka kemungkinan hanya 1 dari 10 siswa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.
Sebagian besar dari siswa akan menjawab bahwa mereka sering melihat tanaman tersebut tetapi tidak mengetahui namanya.
Pemberian tugas ini selain sebagai salah satu pemenuhan tagihan nilai siswa, adalah juga untuk menanamkan rasa kepedulian siswa pada lingkungan sekitarnya.
Dalam tugas ini siswa diminta melakukan identifikasi nama makhluk hidup dan menelusuri kekerabatannya dengan tumbuhan lain yang ada di sekitarnya.
Senin, 08 Oktober 2018
CONTOH TUGAS TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI MATA PELAJARAN IPA (FISIKA)
Menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi :
- Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.
- Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
TUGAS TERSTRUKTUR Mata Pelajaran Fisika kelas IX dengan materi Listrik dinamik :
Tugas ini diberikan ketika siswa sedang belajar mengenai rangkaian hambatan secara seri dan paralel. Setelah siswa mendapatkan latihan yang cukup tentang cara menghitung nilai hambatan total sebuah rangkaian, sebagai pemantapan dan tantangan, siswa diberikan tugas sebagai berikut :
![]() |
| Contoh Rencana / Program Tugas Terstruktur |
Senin, 10 September 2018
JENIS GERAK TUMBUHAN DAN CONTOHNYA
Hari itu suasana cukup cerah dan angin bertiup sepoi- sepoi. Seorang siswa melihat daun pada tanaman di sebelahnya tampak bergerak- gerak. Apakah ini tanda bahwa tumbuhan bisa bergerak?
Tentu saja bukan 😂 karena daun itu tidak bergerak, melainkan digerak- gerakkan oleh angin 😁
Lalu apakah benar tumbuhan itu bergerak?
Iya ! Benar! Tumbuhan bergerak dan bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya !
Tidak seperti hewan yang bisa berjalan, berlari atau melompat ke sana kemari. Tumbuhan bergerak dalam diamnya 😎.
Contoh paling populer dan dramatis yang merupakan bukti bahwa tumbuhan dapat bergerak adalah gerak mengatup pada tanaman Venus flytrap. Bagian tanaman yang menyerupai "mulut dengan gigi tajam" tersebut biasanya dalam keadaan terbuka, dan jika ada serangga masuk ke dalamnya, maka secara otomatis akan menutup dan menjebak serangga itu di dalamnya hingga mati dan kemudian sari- sarinya dihisap oleh tumbuhan itu 😨
Kamis, 10 Mei 2018
CARA DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR FISIKA
Fisika itu Sulit! Keluhan semacam ini seringkali disampaikan siswa ketika mempelajari Fisika. Dan biasanya ungkapan ini selaras dengan hasil tes siswa tersebut 😥 Bagaimana caranya kita dapat membantu siswa - siswa ini? 😇
Keluhan semacam ini pernah dan sering penulis hadapi ketika menjadi praktisi pendidikan. Untunglah dulu ketika masih sekolah penulis adalah termasuk kategori "siswa bermasalah" sejenis ini 😝. Ada suatu masa di mana penulis mengalami kesulitan belajar Fisika 😵. Sehingga bisa merasakan dan membayangkan hal yang dialami siswa- siswa yang tengah menghadapi kesulitan ini 😎.
Menyikapi hal ini ketika menjadi praktisi pendidikan, penulis mencoba untuk menganalisa dan membuat diagnosa kesulitan siswa ketika belajar fisika.
Penulis mengidentifikasi setidaknya ada 7 hal yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam belajar. Berikut adalah titik- titik diagnostik yang penulis temukan sebagai penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal- soal fisika.
Kamis, 25 Januari 2018
TUGAS MANDIRI MATEMATIKA MATERI PYTHAGORAS
I) KOMPETENSI DASAR :
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
II) MATERI : TEOREMA PYTHAGORAS
III) WAKTU : sampai dengan 1 minggu sebelum UAS
Bayangkan balok di bawah ini adalah ruang kelasmu !
Dengan mengacu pada gambar di atas dan ukuran kelasmu, tentukanlah :a. Panjang AB = .... m
b. Panjang BC = ..... m
c. Panjang CG = ..... m
d. Panjang AC
e. Panjang AF
f. Panjang BG
g. Panjang AG





