Monday, December 9, 2019

PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG

Menjelang ujian akhir biasanya kepada para siswa perlu diberikan kegiatan pengulangan dan pemantapan materi. Hal ini perlu dilakukan agar yang materi - materi pernah dipelajarinya dapat tersegarkan kembali dalam ingatan. 

Biasanya untuk kegiatan ini saya sengaja menyediakan jeda waktu 3-4 kali pertemuan sebelum ujiannya dimulai.

Pada pertemuan pertama pada saat pemantapan biasanya saya memberikan rangkuman rumus- rumus yang pernah diterima siswa selama 3 tahun dari kelas 7 hingga kelas 9.

Dalam kegiatan ini siswa hanya pasif menerima dan mencatat apa yang saya tulis di papan. Jika kebetulan para siswanya tergolong agak lemah dalam belajar, maka cara ini adalah sangat baik dan cukup efektif.

Namun jika siswanya tergolong aktif dan memiliki kemampuan akademik yang cukup bagus, maka menurut saya perlu dicarikan cara lain yang menuntut aktivitas dan kreatifitas mereka.

Salah satu cara yang saya pakai untuk karakteristik siswa seperti ini adalah dengan menggunakan lembar kerja dalam bentuk TTS. 

Bentuk TTS ini memiliki beberapa kelebihan dibanding media pengajaran yang lain. Diantaranya ialah bisa merangkum banyak materi yang sifatnya hafalan. Dan juga karena strukturnya yang saling berkait, maka akan sangat membantu siswa dalam proses pengingatan 

Berikut adalah contoh TTS yang saya gunakan dalam pertemuan pertama kegiatan pemantapan untuk materi SMP kelas 7, 8 dan 9. 
Dalam merancang media ini, saya berupaya keras untuk dapat memasukkan seluruh materi / konsep / besaran atau rumus yang pernah saya ajarkan dalam kotak- kotak TTS ini. 

Pelaksanaan pengisian TTS ini dilakukan secara berkelompok dengan tujuan agar antar sesama anggota dapat saling bantu dalam mengingat - ingat. Dan karena sifatnya adalah refreshing, maka siswa diperkenankan untuk membuka- buka kembali buku catatannya. 
Diakhir pertemuan, secara bergantian dan lisan para siswa menyampaikan hasil kerjanya. 

Demikian sharing saya untuk media TTS ini, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

No comments:

Post a Comment