Friday, July 31, 2020

ANNE SULLIVAN GURU INSPIRATIF YANG PANTANG MENYERAH

Hellen Keller dan Anne Sullivan
Jika membaca kisah Hellen Keller, maka nama Anne Sullivan tidak bisa dilepas dari cerita tersebut. 

Ia adalah guru dari Hellen Keller. Konon berkat ketekunan Anne Sullivan, Hellen Keller kecil yang saat itu frustasi karena mengalami kesulitan berkomunikasi karena cacat buta dan tuli dapat diajarkan tentang kehidupan yang baik sehingga di masa dewasanya mampu menjadi seorang penulis, aktivis politik dan dosen sekaligus menjadi pemenang dari Honorary University Degrees Women's Hall of Fame, The Presidential Medal of Freedom, The Lions Humanitarian Award.


Siapakah Anne Sullivan? Kenapa ia mampu bersabar dan bertahan menghadapi Hellen Keller kecil yang buta dan tuli?





Anne Sullivan
Anne Sullivan tinggal di Amerika dan hidup antara tahun 1866 hingga 1936. 

Sewaktu dilahirkan Anne adalah anak yang normal, tetapi pada usia 5 tahun ia menderita penyakit trakoma, yang mengganggu penglihatannya. Penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan. 


Annie dan adiknya pernah dikirim untuk tinggal di Tewksbury Almshouse, suatu rumah untuk kaum miskin. Namun setelah beberapa bulan, adiknya meninggal di tempat tersebut.


Pada usia 14 tahun ia mendapat kesempatan untuk belajar di sebuah sekolah untuk orang buta.


Dalam perkembangannya, penglihatan Anne sempat membaik meskipun terbatas (low vision). Setelah lulus, dia mengajar di sekolah tersebut dan pada usia 21 tahun berhasil mendidik Helen Keller untuk berkomunikasi dan mempelajari huruf Braille.


Di saat Hellen Keller menempuh kuliah, Annie dengan setia menemani dan membantu Hellen untuk membacakan buku pelajaran, huruf demi huruf lewat tangannya. 


Hanya dalam waktu 4 tahun Helen berhasil lulus dengan predikat magna cum laude sekaligus menjadi tuna rungu dan tuna netra pertama yang lulus dari universitas.


Tentang gurunya ini Hellen Keller menulis, "Saya ingat hari yang terpenting di dalam seluruh hidup saya adalah saat guru saya, Anne Mansfield Sullivan, datang pada saya."

Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberi inspirasi :)


POSTINGAN TERKAIT :





No comments:

Post a Comment