Friday, March 15, 2024

ALUR CERITA KOMIK- KOMIK TERBITAN WILDSTORM

WildStorm adalah penerbit komik Amerika yang didirikan oleh Jim Lee dan Brandon Choi pada tahun 1992. Pada awalnya penerbit ini bernaung di bawah Image Comic dan belakangan pada tahun 1998 beralih ke DC.

Alih - alih melakukan adaptasi pada super hero yang ada, WildStorm menciptakan super hero dan bahkan universenya sendiri.  

Dalam komik terbitan WildStorm, kita mengenal keberadaan pahlawan super seperti Spartan, Void, Maul, Warblade dan penjahat super Helspont, Pike, Hestia dan lainnya. Di universe ini juga menemui sekelompok pasukan dan organisasi elit super human seperti Stormwatch, Wildcats, Team 7, Wetwork, Gen 13 dan DV8.

Berbeda dengan komik Amerika terbitan DC atau Marvel yang sebagian besar karakternya sudah kita kenal, komik terbitan WildStorm ini memperkenalkan karakter super hero yang sama sekali baru! 

Dikarenakan adanya saling terkait antar karakter dan jalinan cerita dalam komik - komik ini, maka saya mencoba menyusun sebuah alur cerita untuk membantu pemahaman akan time line dan kekerabatan/relasi antar tokoh dalam komik - komik tersebut. 

Tulisan ini bersifat rintisan dan sebagian besar datanya bersumber dari situs dc.fandom.com dan imagecomics.fandom.com 

Alur ini disusun secara kronologis waktu. Sebagian peristiwa ditempatkan berdasar tahun atau perkiraan kejadian yang tertera dalam komik atau tertulis dalam kedua situs di atas. Dan sebagian lainnya hanyalah perkiraan semata berdasarkan logika dan catatan sejarah di dunia nyata dengan asumsi bahwa ada keselarasan waktu antara cerita dalam komik dan peristiwa dunia nyata (Perang Dunia II, berdirinya PBB, CIA dan lainnya)

Berikut adalah kronologi peristiwa dalam dunia komik terbitan WildStorm. Untuk mempermudah pemahaman, kronologinya terbagi menjadi 2 bagian utama, yaitu peristiwa pada ZAMAN DAHULU KALA dan ABAD 20.

PADA ZAMAN DAHULU KALA .....

KHERUBIM - DEMONITES - D'RAHN 

Awal kisah di universe Wildstorm ini bermula pada ribuan tahun yang lalu, dimana terdapat sekelompok ras alien yang disebut Kherubim.  Penampilan mereka menyerupai manusia namun memiliki kekuatan super dan hidup abadi. Secara sistematis ras pejuang ini berkelana ke berbagai belahan dunia untuk menguasai dan menjadikan penduduk lokalnya sebagai budak. 

Berdasar pada mitos, ribuan tahun sebelumnya para Kherubim ini  menghancurkan planetnya sendiri dan kemudian berpindah ke planet Khera. Di sana mereka menaklukkan penduduknya yang berupa raksasa dan menjadikannya sebagai warga kelas dua.

Hingga pada suatu ketika penduduk asli Khera ini melakukan kontak dengan para Daemonites, ras budak dari Kherubim yang melakukan pemberontakan, dan kemudian terjadilah perang abadi berabad - abad antara Kherubim dan Demonites.

Dalam pertempurannya, sebagian Kherubim dan Daemonites terdampar di Bumi. 

Di Bumi saat itu sudah ada ras alien lain yang disebut D'rahn yang telah melakukan kolonisasi sejak ribuan tahun sebelumnya. 

Kehadiran makhluk - makhluk inilah yang menginspirasi manusia bumi akan kisah tentang dewa - dewa, malaikat, setan (demon) dan monster. 

S'YLTON - ATLANTIS - FERRIAN 

Pada awalnya para Kherubim bekerja sama dengan D'rahn. Namun belakangan disadari bahwa D'rahn tenyata jauh lebih buruk dari Daemonites.

Akhirnya Kherubim S'ylton dan Lord Atlantis memulai peperangan dengan para D'rahn. 

 S'ylton mengetahui bahwa para D'rahn ini lemah terhadap sihir.  Maka dengan dibantu Azrum dan Haroth, mereka menjebak para pimpinan D'rahn ke dalam piramid Atlantis. 

Dalam peristiwa ini S'ylton tewas mengorbankan dirinya. Dan dengan mantranya para penyihir itu membuat 4 pimpinan D'rahn : Typhon, Pildra, Syth dan Zenthrue yang terjebak menjadi tertidur. Sementara D'rahn yang lainnya dan tempat tinggal mereka Hive dimusnahkan.

Sepeninggal S'ylton, anaknya yang bernama Marc Slayton dibesarkan dan dididik oleh Ferrian, mantan penasehat ayahnya.

MR. MAJESTIC - LADY ZANNAH - KENESHA 

Lord Majestros (Mr. Majestic) adalah panglima perang  Kherubim. Ia memiliki 2 anak, yaitu Majestrate dan Kenesha. 

Pada saat masih bayi, dengan tanpa sepengetahuan Majestic, Lady Zannah menitipkan Kenesha pada ibunya. 

Dan ketika ibunya meninggal ia mengambil kembali anak itu dan mengakui sebagai adiknya. Cerita ini dipercaya oleh Majestic maupun Kenesha itu sendiri. 

LADY ZANNAH (ZEALOT) - CODA - PERANG TROYA 

Para Kherubim dan Demonites yang terdampar di Bumi hidup tersebar ke berbagai penjuru dan berbaur dengan manusia.

Lady Zannah kemudian membentuk kelompok persaudaraan pasukan wanita Khera yang disebut Coda, dan ia sendiri menyebut dirinya sebagai Zealot. 

Selama bertahun - tahun Zealot bersama Coda melakukan pertempuran melawan Demonites. Namun pada saat turut serta dalam perang Troya terjadi perselisihan antar mereka, sehingga Zealot dianggap sebagai pengkhianat dan diusir oleh Coda.

PADA ABAD KE - 20 INI ...

YON KOHL (JOHN COLT)

Pada sekitar tahun 30 an, salah seorang Kherubim bernama Yon Kohl mengambil nama John Colt. Berbeda dengan yang lainnya, Yon Kohl ini tidak memiliki kekuatan super, melainkan kemampuan di atas rata - rata manusia. 

Ia menjadi petualang dan pahlawan Amerika 

SETELAH PERANG DUNIA II 

TEAM ZERO 

Setelah berakhirnya PD II, Amerika Serikat membentuk sebuah pasukan rahasia diberi nama Team Zero. Tim ini dibentuk sehubungan dengan ditangkapnya ilmuwan Jerman oleh Uni Sovyet. 

Tim ini terdiri atas : 

1.  Colin (Deathblow) selaku pemimpin tim.

2. Austen Blanchard (Cowboy) 

3. Willis "Billy" Miller (Grifter) 

4. Sgt Andersej Taszycki (Bullet)

5. Lt. Chester Brophy (Claymore)

6. Marc Slayton (Backlash)

7. Sgt. Samuel Saito (Dead Eye)

Tugas dari tim ini adalah menyusup dan menetralisir pertahanan Peenemunde serta mengamankan semua dokumen maupun personalnya. 

Dalam misi ini, semua anggota tim tewas, kecuali Backlash dan Drifter. 

STORMWATCH - PSI 

Stormwatch adalah sekelompok tim superhero yang disponsori oleh PBB. Daftar anggotanya berubah dari generasi ke generasi.

Tidak ada keterangan tentang kapan berdirinya Stormwatch ini, mengingat PBB di dunia nyata berdiri tahun 1945, maka diperkirakan organisasi ini berdiri beberapa tahun setelahnya, dengan teknologi sesuai tahun - tahun tersebut. 

Melihat keadaan yang terjadi di sekitarnya, Antonio Giovani mengusulkan kepada Pemerintah Amerika Serikat tentang perlunya dibuat Departement PSI (Paranormal Science Investigations) dikarenakan menurutnya Stormwatch tidak akan mampu mengatasi aktifitas S.P.B yang saat itu merajalela di Amerika. Usul ini  kemudian disetujui oleh Pemerintah, dan dengan dibantu oleh Marc Slayton dan Amanda Reed (Taboo), Antonio Giovani menjalankan departemen ini.

CIA - I/O (INTERNATIONAL OPERATION)

CIA (Central Intelligence Agency) adalah badan inteligen sipil Amerika yang tugasnya mengkoordinasi kegiatan inteligen negara. Pada tahun 1964 lembaga ini mendirikan I/O (International Operation) dengan tujuan mengamankan kepentingan Amerika dan keamananan di luar negeri.

Di bawah kepemimpinan Miles Craven, I/O dengan segera berubah menjadi sebuah lembaga yang independen.

TEAM ONE  

Pada sekitar tahun 60-an, melalui upaya rahasia salah satu Kherubim bernama Lord Emp (yang saat itu mengambil nama Saul Baxter) mengamati bahwa setelah sekitar 50 tahun tidak ada aktivitas, tiba - tiba Daemonites melakukan serangan tiba - tiba pada pangkalan militer AS. 

Ia kemudian bersama dengan Miles Craven pimpinan I/O  membentuk sebuah tim yang merupakan gabungan dari Kherubim dan militer, untuk mengatasi ancaman ini. Tim ini dikenal sebutan Team One.

Berikut adalah daftar anggota dari Team One :

  • Lord Majestros (Majestic)
  • Lord Emp (Saul Baxter) --- Jacob Marlowe
  • Yohn Kohl (John Colt) --- Spartan
  • Lady Zannah / Zealot (Lucy Blaze)
  • Marc Slayton (Backlash)
  • Kurt Kraiger (Regiment)
  • Henry Bendix (Think Thank)
  • Mason dan 
  • Isalah King 
Diperkirakan pada jeda waktu ini Yohn Kohl (John Colt) menjalin hubungan dengan Laddy Zannah / Zealot (Lucy Blaze) dan mempunyai anak Winter (Nikolas Kamarov)

Misi pertama kelompok ini adalah menangani pengambilalihan rudal nuklir yang dikuasai oleh "Slaughterhouse" Smith dan Helspont.

Dalam misi ini Regiment tewas akibat rudal yang dipegangnya meledak, Yon Kohl (John Colt) dalam situasi terdesak dalam kepungan musuh meminta Majestic untuk membunuh para pengepung itu dengan laser matanya dengan konsekuensi Ia sendiri juga terbunuh. Mason dibunuh oleh Kenya. Dan Majestic kemudian memulai cuti panjangnya di Kutub Utara. , ...Team One dibubarkan. 

Sekalipun Yon Kohl secara fisik tewas, tetapi kepribadian dan memorinya "diamankan" oleh Lord Emp,dengan harapan pada suatu ketika nanti dapat dipindahkan ke "benda" yang lain.

TEAM 7

Miles Craven, selaku pimpiman dari I/O sangat terobsesi untuk menciptakan manusia super. Ia ingin memiliki sekelompok manusia super yang dapat dikontrolnya.

Craven beruntung dapat menghubungi Dr. Simon Tsung yang menemukan bayi berkekuatan super bernama Ethan McCain. Bayi ini adalah reinkarnasi dari super hero dari universe lain bernama Sigma. 

Dr. Simon Tsung kemudian berhasil mengisolasi sumber dari kekuatan super dari bayi ini, yaitu Gen-Factor. 

Craven melakukan uji coba gen-factor pada manusia dan akibatnya mereka tewas, gila atau menjadi monster mutan.

Setelah berkali- kali gagal dalam eksperimen, akhirnya Craven memutuskan untuk melakukan uji coba Gen-Faktor ini pada orang- orang terbaiknya, yaitu Team 7.

Team ini adalah inkarnasi ketujuh dan berisi sekelompok spesialis militer yang dikumpulkan dari berbagai pasukan pemerintah. 
Mereka antara lain adalah:

  1. John Lynch (Topkick) Pemimpin tim 7, mantan kepala Black Razors. Ia memiliki tanda anggota berupa Lingkaran dengan garis ke atas yang dicat pada mata kirinya. 
  2. Marc Slayton (Backlash) adalah manusia setengah Kherubim, anak dari S'ylton. Ia adalah juga mantan anggota Team Zero, Team One, Team 7 dan belakangan Stormwatch serta Wildcore. Tanda Team 7 berbentuk trapesium mengarah ke bawah, dicat di atas mata kirinya.
  3. Cole Cash (Dead Eye, Grifter) Ahli senjata dan memiliki kekuatan psi. Dia adalah anggota tim paling muda. Usianya kurang dari 20 tahun dan akibat paparan Gen-Factor, dia tidak menua lagi.
  4. Michael Gray (Deathblow), Dia sudah pernah mati dalam peristiwa Api Dari Surga dan kembali lagi. Tanda anggotanya berupa garis paralel di mata kiri dan kanannya, mulai dari garis rambut hingga dagu.
  5. Jackson Dane (Arclight) Anggota Baret Hijau. Memiliki tanda anggota berupa sambaran petir pada mata kirinya. Ia kemudian ditugaskan menjadi pimpinan dalam tim Wet Works.
  6. Christine Blaze, awalnya dipilih Lynch untuk melengkapi tim 7, namun dikeluarkan oleh Miles Craven.
Selain di atas ada beberapa orang yang pernah menjadi anggota tim ini, yaitu : 

  • Alex Fairchild (Slaphammer) memiliki tanda keanggotaannya berupa As Sekop di mata kirinya. Meninggal di halaman Gen 13.
  • Philip Chang (Bulleteer) memiliki tanda anggotanya berupa bulan sabit di atas mata kanannya. Lokasi saat ini tidak diketahui .
  • Stephen Callahan, memiliki tanda pengenalnya berupa tanda silang di mata kirinya.

Akibat paparan zat kimia gen-Factor ini, para anggota team mulai mengembangkan kemampuan supernya, sebagian diantaranya tidak mampu mengatasi kekuatan barunya dan menjadi gila atau bunuh diri. Mereka yang bisa bertahan dari eksperimen ini diberi kode Gen 12. 

Dalam sebuah misi pernah Craven mencoba memusnahkan Tim 7 ini dengan meledakkan nuklir di sekitar mereka. Mengetahui hal ini maka Tim 7 berbalik melawan Craven. 

Sebuah pasukan baru bernama Team 8 dibentuk. Namun mereka tewas dalam misi pertamanya. Maka dengan enggan akhirnya I/O meminta maaf pada Team 7.

TEAM 7 - WETWORKS 

Sebelum akhirnya lenyap, Team 7 melaksanakan tugas terakhirnya. Dalam misi ini Jackson Dane mengalami koma, dan ketika sadar kehilangan banyak ingatan.

Iia diminta membentuk New Team 7. Diam - diam Craven mengirim tim baru pada "misi bunuh diri" masuk sarang teroris untuk mencuri beberapa eksperimen biologi. Dalam misi ini mereka  di serang pasukan lain, yang ternyata adalah kiriman Craven untuk membunuh mereka. 

Setelah berhasil lolos dari maut, New Team 7 ini kemudian beraliansi dengan Armand Waering, dan mengganti namanya menjadi Wetwork. Tugas mereka adalah melawan vampire, werewolf, dsb.

MARC SLAYTON - WILDCORE

Pada masa lalu, hampir seluruh ras alien D'rahn telah dimusnahkan. Ada beberapa yang berhasil dijebak dalam piramid Atlantis oleh S'ylton, dan dibuat tidur oleh penyihir Azrum dan Haroth. 

Setelah sekian ratus tahun sejak peristiwa itu, Haroth merasa menyesal karena telah mengkhianati D'rahn. 

Ia kemudian membangkitkan kembali para D'rahn yang tertidur itu dan menceritakan pada mereka tentang nasib teman- teman dan rumah mereka yang telah musnah. 

Sang pimpinan D'rahn, Typhon menjadi sangat marah dan hendak menuntut balas pada para Kherubim yang masih hidup. 

Mengetahui hal ini Marc Slayton (Backlash), anak dari S'ylton yang saat itu bekerja di divisi PSI,  bersama dengan Taboo membentuk sebuah tim super Hero untuk melawannya. Tim ini diberi nama Wildcore. 

Tim ini didukung terdiri atas : Backlash selaku pimpinan dengan anggota: Taboo (Amanda Reed), Geist, Brawl, Crimson, Vigor,  Styrian, Alea, Ferrian, Azrum dan Zealot. 

Dengan bantuan tambahan dari Mr Majestic, tim ini berhasil mengalahkan D'rahn.

STORMWATCH - BENDIX

Pada tahun 1978 StormWatch dipimpin oleh Henry Bendix (mantan anggota Team One) sebagai Wheatherman. Ia melakukan penataan ulang anggotanya dan membentuk 3 tim sebagai berikut :

  • StormWatch Prime, yang bertugas melawan ancaman manusia super dalam peperangan. Dipimpin oleh Winter (Anak Yohn Kohl - Zealot)
  • StormWatch Black, dipimpin Jenny Spark, bertugas dalam penyusupan
  • StormWatch Red, dipimpin oleh Fahrenheit, berisi anggota dengan kemampuan daya rusak. Bertugas dalam pencegahan dan penyerangan.

ISAIAH KING (DESPOT) - THE SEED - WARGUARD 

Pada suatu ketika terdapat sebuah komet misterius yang bergerak mendekati lintasan orbit bumi. Komet ini memancarkan radiasi yang mengakibatkan orang- orang yang terkena menjadi manusia super.

Pada saat kejadian ini, sekelompok ilmuwan yang dipimpin Isaiah King (Mantan anggota Team One) sedang bertugas di stasiun luar angkasa Monitor-One. 

Karena jaraknya yang terlalu dekat dengan komet itu, maka para ilmuwan itu mendapat paparan radiasi yang lebih banyak dibanding yang lain, sehingga sebagian besar mengalami kematian. Hingga tersisa 4 orang yang mengalami perubahan fisik dan kekuatan namun jiwanya terganggu.

Mereka membentuk tim Warguard dibawah kepemimpinan Isaiah King yang kemudian berganti nama menjadi Despot.

Tim ini kemudian oleh Stormwatch Prime dimasukkan dalam penjara kriogenik, untuk digunakan oleh PBB sebagai senjata akhir di masa depan.

IVANA BAIUL - DV8 
Ketika Miles Craven meninggal, untuk sementara posisi pimpinan I/O digantikan oleh Ben Santini dan selanjutnya diambil alih oleh Ivana Baiul, salah seorang wanita super yang telah mengalami perubahan fisik secara sibernetik. 

Ivana Baiul sebelumnya adalah supervisor DV8, sekelompok manusia "Gen-Aktiv" yang ditugaskan dalam misi rahasia. Alih - alih menyelamatkan dunia dengan kekuatannya, orang - orang ini hanya melakukan hal - hal yang menyenangkan bagi diri mereka saja dan tak peduli dengan yang lain.

Selain Ivana Baiul, anggota DV8 antara lain adalah :

  1. Matthew Callahan (Threshold) Anak Stephen Callahan, saudara Bliss dan saudara tiri Sarah Rainmaker. Ia bertindak selaku komandan lapangan sebelum akhirnya berkhianat.
  2. Rachel Goldman (Sublime), anak Michael Gray (Deathblows), memiliki kemampuan mengubah kepadatan molekul tubuhnya.
  3. Nicole Callahan (Bliss), adik Threshold. Amoral dan memiliki kemampuan memanipulasi indera manusia sesuai keinginannya. 
  4. Leon Carver (Frosbite), memiliki kemampuan menyerap panas dari benda di sekitarnya dan mengubahnya jadi es batu. 
  5. Hector Morales (Powerhaus) memiliki kemampuan mengubah emosi menjadi energi. 
  6. Gem Antonelli (Copycat), memiliki kemampuan mengambil alih pikiran orang lain dan mengendalikannya sesuai keinginannya. 
  7. Michael Heller (Evo), memiliki kemampuan mengubah diri menjadi menyerupai srigala, kelelawar, dsb.
  8. Jocelyn Davis (Freestyle) dan Sideways Bob. 

I/O = INTERNAL OPERATIONS

Ketika Ivana Baiul meninggalkan I/O (Internasional Operation) untuk kepentingan pribadinya, perlahan I/O mulai dibatasi kapasitasnya dan akhirnya dibubarkan.

Beberapa waktu sebelum I/O dibubarkan, John Lynch masih bertugas sebagai Direktur Operasi dalam menghadapi Sindikat kriminal yang dipimpin oleh TAO. 

Saat I/O dibubarkan, John Lynch untuk sementara bergabung dengan divisi PSI.

Mengingat kelompok TAO ini sangat berbahaya, maka pemerintah membuat ulang I/O sebagai Internal Operations dengan target melawan Sindikat TAO dan penjahat super lainnya.

WILDC.A.T.s

Pada tahun 1990 Lord Emp (Saul Baxter) yang sekarang bernama Jacob Marlowe hidup menggelandang. Ia kemudian diingatkan oleh Void akan jatidirinya selaku Kherubim dan akan tugasnya melawan Demonites.

Ia kemudian menghubungi rekan Kherubim lainnya dan mendirikan Halo Corporation, yang digunakannya sebagai sumber dana untuk membiayai aksi sekelompok super Hero yang disebut WildCats.

Tim ini beranggotakan makhluk hibrid Alien-Manusia, yaitu 

:
1. Lord Emp (Jacob Marlowe)
2. Void
3. Yon Kohl /John Colt (Spartan)
4. Maul dan
5. Warblade.

Tugas mereka adalah melawan Daemonite Cabal yang dipimpin oleh Helspot dengan anggotanya: Pike, Providence, Hestia dan Devin. 

TEAM 7 - GEN 13

Anak - anak dari anggota Tim 7 yang sudah terpapar ini ternyata mengalami Gen-Aktif dan memiliki kemampuan super melebihi manusia biasa. Dengan dimentori oleh John Lynch, para remaja ini membentuk kelompok Gen 13. Anggota kelompok ini adalah : 

  1. Bobby "Burnout" Lane : Anak John Lynch. Ia memiliki kemampuan menghasilkan plasma koheren bertenaga tinggi yang menyala jika terkena oksigen dan mengembangkan kemampuan terbang. 
  2. Caitlin Fairchild : Anak dari Alex Fairchild, salah seorang mantan anggota Team 7. Gen-aktifnya menyebabkan massa dan ukuran tubuhnya meningkat dari wanita mungil menjadi sosok perkasa yang kuat, tangkas, memiliki kecepatan dan daya tahan manusia super. 
  3. Roxanne "Freefall" Spaulding (Roxy), remaja gen-aktif termuda, saudara tiri Caitlin, anak Alex Fairchild. Memiliki kekuatan mampu mengendalikan gravitasi. Ia iri dengan fisik Caitlin dan menyukai Grunge.
  4. Percival Edmund "Grunge" Chang, anak mantan anggota Team 7 Philip Chang (Bulletter). Ia memiliki kemampuan meniru struktur molekul bahan apapun yang disentuhnya, memiliki ingatan fotografis, suka berselancar dan menguasai lima gaya seni bela diri. 
  5. Sarah Rainmaker, anak Stephen Callahan, saudara tiri Tresshold dan Bliss anggota DV8. Memiliki kemampuan mengubah sistem cuaca lokal, memanipulasi angin atau mengarahkan air. Ia adalah anggota yang paling peduli terhadap masalah sosial.
Demikian catatan saya tentang komik WildStorm. Catatan ini bersifat sementara dikarenakan keterbatasan informasi dan sumber daya yang ada. Bilamana dikemudian hari didapatkan data yang lebih baik maka akan diadakan perbaikan.

No comments:

Post a Comment