Minggu, 12 April 1998
PRAKTIKUM PENGUKURAN KECEPATAN
Salah satu besaran fisika yang pengukurannya dilakukan secara tidak langsung adalah kecepatan.
Selasa, 10 Maret 1998
MEMBUAT ALAT PERAGA BENTANG ALAM
Setelah beberapa tahun mengajar IPA kelas 7 SMP, akhirnya saya diberi kesempatan mengajar di kelas 8.
Di kelas ini terdapat materi bumi dan permukaannya. Materi ini berisikan cukup padat istilah - istilah dan konsep, seperti : gunung, bukit, meander, jurang, lembah, pantai curam, pantai landai, teluk, selat, tanjung dsb. 😲😦😨😰
Bagi saya selaku guru pengajar (dan mungkin juga bagi siswa - siswa saya), adalah suatu pengalaman yang membosankan ketika diharuskan menghafalkan istilah - istilah yang denikian banyak tersebut.😬😫😵ðŸ˜ðŸ˜ª
Saya mencoba memutar akal mencari cara agar istilah - istilah tersebut dapat dengan mudah dipahami dan dihafal 😇😎 Akhirnya ada suatu ide untuk membuat alat peraga sebuah model bentang alam.
"Pada alat peraga tersebut harus ada semua istilah - istilah bentang alam yang ada dalam buku!" kata saya dalam hati 😳😬😠.
Sabtu, 09 Agustus 1997
LIHATLAH KE DEPAN, KE BELAKANG, KE BAWAH, KE SAMPING DAN KE ATAS
Ini hanyalah sebuah cerita fiksi yang dibuat sebagai sebuah renungan.
Alkisah ada seorang anak manusia yang ditakdirkan oleh yang maha kuasa, untuk selalu berjalan, berjalan, dan terus berjalan . Kakinya tiada pernah dapat ia hentikan hingga nanti pada akhir hidupnya.
Mula-mula anak tersebut selalu berjalan dengan kepala menunduk ke bawah , karena dilihat bahwa pada tanah yang dipijaknya ditemui banyak sekali kerikil - kerikil tajam, dan tak jarang pula ada duri yang berserakkan . Duri dan kerikil tersebut dapat membuatnya terantuk dan terluka , suatu pengalaman yang sama sekali tidak menyenangkan bagi setiap orang .Tak lama berselang kemudian maka anak tersebut menjadi bosan . karena yang terlihat hanyalah batu, tanah, kerikil, dan duri-duri belaka. Tak ada yang indah ataupun menyenangkan dengan melihat bebatuan tersebut . Ia menjadi jenuh dan menghendaki pemandangan yang lain.
Alkisah ada seorang anak manusia yang ditakdirkan oleh yang maha kuasa, untuk selalu berjalan, berjalan, dan terus berjalan . Kakinya tiada pernah dapat ia hentikan hingga nanti pada akhir hidupnya.
Mula-mula anak tersebut selalu berjalan dengan kepala menunduk ke bawah , karena dilihat bahwa pada tanah yang dipijaknya ditemui banyak sekali kerikil - kerikil tajam, dan tak jarang pula ada duri yang berserakkan . Duri dan kerikil tersebut dapat membuatnya terantuk dan terluka , suatu pengalaman yang sama sekali tidak menyenangkan bagi setiap orang .Tak lama berselang kemudian maka anak tersebut menjadi bosan . karena yang terlihat hanyalah batu, tanah, kerikil, dan duri-duri belaka. Tak ada yang indah ataupun menyenangkan dengan melihat bebatuan tersebut . Ia menjadi jenuh dan menghendaki pemandangan yang lain.
Selasa, 05 Agustus 1997
CONTOH POSTER SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN FISIKA
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah memposting sharing pengalaman tentang penggunaan poster fisika sebagai media pengajaran. Dalam sharing tersebut saya menyampaikan alasan kenapa saya menggunakan metode ini dan bagaimana pelaksanaannya.
Menyambung hal tersebut, dalam postingan ini saya ingin sharing gambar- gambar poster fisika yang pernah saya buat dan diperkirakan dapat digunakan sebagai media pengajaran.
Gambar- gambar ini saya rancang sekitar tahun 1996 - 2000, namun hingga saat ini tampaknya materinya masih relevan dan dapat dipakai sebagai salah satu media pembelajaran.
Minggu, 03 Agustus 1997
PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA POSTER
Ide awal gagasan ini bermula dari melihat iklan - iklan komersial yang terpampang di sepanjang tepi jalanan.
Jika kita sejenak mengingat kembali jalan yang kita lalui dari rumah ke sekolah, maka akan kita dapati ada banyak poster yang terpampang di sepanjang jalan yang menawarkan beragam produk komersial.
Sekalipun kita tidak berminat akan produk - produk tersebut, namun karena setiap hari melewati dan melihat sekilas posternya, maka secara tidak langsung kita tahu pesan apa yang mereka sampaikan dan bahkan mungkin juga hafal dengan slogan yang ada di poster tersebut.
Bagaimana dengan pelajaran Fisika? Apakah bisa kita menggunakan cara yang sama dalam menyampaikan suatu materi Fisika?
Ide tentang penggunaan poster sebagai media pengajaran ini pertama kali muncul ketika saya masih di bangku kuliah dan mendapat tugas untuk membuat makalah tentang Strategi Pengajaran Fisika. Waktu itu saya berpikir bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat siswa menjadi tertarik dengan fisika adalah dengan memberikan rangsangan visual sesering mungkin ... mungkin mirip pepatah Jawa yang mengatakan Witing tresno jalaran soko kulino, yang artinya Cinta hadir karena terbiasa.
Rabu, 30 Juli 1997
PENGGUNAAN NARASI DALAM LEMBAR PANDUAN PRAKTIKUM
Pada sebuah lembar kerja praktikum umumnya terdiri atas beberapa bagian, yaitu : Judul, Alokasi Waktu, Tujuan, Alat dan Bahan, Langkah kerja, Tabel Pengamatan dan Analisa Data serta Kesimpulan. .
Pada bagian langkah kerja biasanya petunjuknya ditulis dalam bentuk serangkaian kalimat perintah yang diberi nomor. Sebagai panduan agar siswa dapat melakukan dengan cermat dan benar langkah demi langkah.
Langganan:
Komentar (Atom)



