Salah satu besaran fisika yang pengukurannya dilakukan secara tidak langsung adalah kecepatan.
maupun tak langsung dengan besaran - besaran fisika, saya melakukan kegiatan yang kurang lebih sama dengan yang dilakukan oleh guru olah raga. Hanya saja penekanannya berbeda. Kalau guru olah raga menilai waktu tempuh, sedangkan saya mengukur kecepatan larinya. Durasi kegiatan ini sekitar 1 jam pelajaran atau setara dengan 40 menit.
Setelah kembali ke kelas, saya menanyakan pada mereka siapa siswa tercepat dan berapa kecepatan larinya dalam satuan meter per detik.
Biasanya rata - rata kecepatan lari siswa berkisar antara 2 - 5 m/det.
Untuk sekedar informasi dan motivasi, saya menyampaikan bahwa kecepatan lari seseorang bisa ditingkatkan dengan latihan yang bagus seperti atlit Usain Bolt yang bisa mencapai kecepatan lari 10 m/det.
Saya meminta siswa melihat panjang ruang kelas (normalnya 8 m) kemudian membayangkan bahwaUsain Bolt mampu berlari dari ujung kelas ke ujung yang lain dengan waktu kurang dari 1 detik!
Kemudian saya tayangkan gambar berikut:
Pada akhir kegiatan belajar biasanya saya memberikan tips berikut pada siswa:
APA YANG HARUS KITA LAKUKAN JIKA BERTEMU DENGAN SEEKOR CHEETAH?
Andai suatu ketika kalian berekreasi di sebuah kebun binatang atau Taman safari.
Jika kalian menemui seekor Cheetah terlepas dari kandangnya dan berada tidak jauh darimu, maka anda jangan lari !😨
yang sebaiknya dilakukan adalah diam, tetap tenang, berjongkoklah pelan - pelan, kemudian berlutut, tutup mata ... dan berdoa semoga selamat!
Karena kalau kita lari.. toh kecepatan larinya jauh di bawah kecepatan Cheetah, jadi pasti ketangkep !! 😰🙈
Tips yang terakhir ini hanya Jokes ya, jangan dianggap serius 😂😂😂
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)
Sebelum kegiatan biasanya saya memberikan sebuah pertanyaan memancing ...
Alkisah ada 2 orang siswa berjalan kaki berangkat ke sekolah. Mereka berangkat pada waktu yang sama yaitu pukul 06.00.
Siswa pertama sampai di sekolah pukul 06.20 dan siswa kedua sampai pada pukul 06.30. Menurut pendapat kalian, siswa mana yang jalannya lebih cepat?
Sebagian siswa mungkin ada yang menjawab bahwa siswa pertama berjalan lebih cepat dari siswa kedua, karena waktunya lebih pendek.
Siswa kritis akan menanggapi pertanyaan saya dengan bertanyaan balik : Apakah jarak rumah kedua siswa itu sama?
Kemudian saya membagi siswa dalam kelompok beranggotakan 4 orang dan pada masing - masing kelompok saya bagikan fotocopy LKS berikut:
Siswa kemudian saya minta mempelajarinya kurang lebih 5 menit, dan secara berkelompok dan bergantian mereka melakukan pengukuran kecepatan lari masing - masing siswa di lapangan sekolah. Kegiatan ini biasanya memakan waktu sekitar 15 - 20 menit.Jika sudah selesai, siswa kembali ke kelas untuk menyampaikan hasil pengukuran dan dibahas bersama - sama.
Setelah kembali ke kelas, saya menanyakan pada mereka siapa siswa tercepat dan berapa kecepatan larinya dalam satuan meter per detik.
Biasanya rata - rata kecepatan lari siswa berkisar antara 2 - 5 m/det.
Untuk sekedar informasi dan motivasi, saya menyampaikan bahwa kecepatan lari seseorang bisa ditingkatkan dengan latihan yang bagus seperti atlit Usain Bolt yang bisa mencapai kecepatan lari 10 m/det.
Saya meminta siswa melihat panjang ruang kelas (normalnya 8 m) kemudian membayangkan bahwaUsain Bolt mampu berlari dari ujung kelas ke ujung yang lain dengan waktu kurang dari 1 detik!
Biasanya mereka agak tercengang dengan fakta ini.
Jika mungkin ada siswa yang bercita - cita ingin menjadi seorang atlit pelari cepat, maka tidak ada cara lain di luar latihan keras untuk mencapainya.
Kemudian saya sampaikan bahwa selain dalam satuan m/det kecepatan gerak sebuah benda biasanya dinyatakan dalam satuan km/jam. Bagaimana cara mengubah satuan m/s menjadi km/jam? kemuidan saya menuliskan di papan tulis cara mengubah satuan dari m/det menjadi km/jam. Setelah itu meminta masing- masing siswa mengubah satuan kecepatan larinya ke dalam satuan km/jam.
Siswa yang sudah selesai menghitung kecepatannya dalam satuan km/jam diminta menyampaikannya secara lisan dengan cara mengangkat tangan terlebih dahulu.
Kalau kecepatan lari manusia tercepat di bumi adalah 10 /detik atau setara dengan 36 km/jam, bagaimana dengan makhluk yang lain?
Kemudian saya tayangkan gambar berikut:
![]() |
| SIAPAKAH YANG PALING CEPAT? |
Siswa saya ajak mengamati dan mencermati data pada gambar tersebut.
Pada akhir kegiatan belajar biasanya saya memberikan tips berikut pada siswa:
APA YANG HARUS KITA LAKUKAN JIKA BERTEMU DENGAN SEEKOR CHEETAH?
Andai suatu ketika kalian berekreasi di sebuah kebun binatang atau Taman safari.
Jika kalian menemui seekor Cheetah terlepas dari kandangnya dan berada tidak jauh darimu, maka anda jangan lari !😨
yang sebaiknya dilakukan adalah diam, tetap tenang, berjongkoklah pelan - pelan, kemudian berlutut, tutup mata ... dan berdoa semoga selamat!
Karena kalau kita lari.. toh kecepatan larinya jauh di bawah kecepatan Cheetah, jadi pasti ketangkep !! 😰🙈
Tips yang terakhir ini hanya Jokes ya, jangan dianggap serius 😂😂😂
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)


No comments:
Post a Comment