Saturday, November 10, 2018

PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA POSTER

Ide awal gagasan ini bermula dari melihat iklan - iklan komersial yang terpampang di sepanjang tepi jalanan. 

Jika kita sejenak mengingat kembali jalan yang kita lalui dari rumah ke sekolah, maka akan kita dapati ada banyak poster yang terpampang di sepanjang jalan yang menawarkan beragam produk komersial. 

Sekalipun kita tidak berminat akan produk - produk tersebut, namun karena setiap hari melewati dan melihat sekilas posternya, maka secara tidak langsung kita tahu pesan apa yang mereka sampaikan dan bahkan mungkin juga hafal dengan slogan yang ada di poster tersebut.

Bagaimana dengan pelajaran Fisika? Apakah bisa kita menggunakan cara yang sama dalam menyampaikan suatu materi Fisika? 

Ide tentang penggunaan poster sebagai media pengajaran ini pertama kali muncul ketika saya masih di bangku kuliah dan mendapat tugas untuk membuat makalah tentang Strategi Pengajaran Fisika. Waktu itu saya berpikir bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat siswa menjadi tertarik dengan fisika adalah dengan memberikan rangsangan visual sesering mungkin ... mungkin mirip pepatah Jawa yang mengatakan Witing tresno jalaran soko kulino, yang artinya Cinta hadir karena terbiasa. 

Berawal dari pemikiran itulah maka ketika menjadi seorang guru, saya mencoba menerapkan gagasan ini. Menurut saya pembelajaran dengan poster ini adalah cara yang mudah, murah, efisien.

  • Mudah karena seorang pengajar hanya cukup memasangnya di dinding tanpa perlu menyampaikan dengan kalimat yang berulang - ulang ... yang melelahkan 😔
  • Murah karena dapat dibuat cukup dengan selembar kertas karton yang tidak mahal
  • Efisien karena tidak memerlukan waktu khusus ... siswa dapat belajar setiap saat secara sambil lalu. 
Apakah benar penggunaan cara ini efektif? Terus terang saya belum pernah melakukan penelitian secara khusus untuk ini, namun saya berkeyakinan sama seperti iklan yang kita lihat, asalkan posternya berkesan pastilah akan menyisakan memori bagi siswa yang melihatnya.

Saya merealisasikan ide ini terbatas di ruang laboratorium sekolah tempat saya mengajar (sebenarnya tidak harus di laboratorium ... di mana pun bisa asal dengan persetujuan Kepala Sekolah dan urusan Sarana prasarana)


Agar posternya menarik dan tetap dalam nuansa belajar, maka saya mendesainnya dalam bentuk komik panduan praktikum. 

Saya menggunaan bentuk komik karena menurut saya (terlepas dari kesenangan saya pada komik), adalah karena gambar- gambarnya  yang  imajinatif dan komunikatif, dan saya juga menduga bahwa banyak siswa juga menyukainya.

Terus terang saat memilih bentuk komik ini pada awalnya saya agak ragu, karena pandangan masyarakat bahwa komik adalah media hiburan yang tidak mendidik. Namun karena yakin saya tetap mencobanya, dengan catatan bahwa yang akan saya buat ini adalah murni alat pengajaran. Hanya saja bentuknya menyerupai komik.

Untuk merealisasikan ide ini, pada tahap awal saya memilih materi Pengukuran Massa jenis zat dikarenakan ini adalah salah satu materi dalam kegiatan praktikum fisika. 

Sebelumnya setiap kali praktek saya harus berulang kali menjelaskan langkah- langkah cara mengukur massa jenis zat, dan tidak semua penjelasan saya itu dapat dipahami oleh seluruh siswa.

Ini tentu sangat merepotkan dan sekaligus menguras tenaga dan pikiran, karena kondisi siswa terkadang ribut sehingga penjelasan saya menjadi terganggu. 

Untuk mengatasi hal ini saya mencoba mendesain sebuah komik tentang cara mengukur massa jenis zat. Saat proses pembuatannya, saya menerapkan prinsip bahwa komik ini harus komunikatif dan mudah dipahami oleh siswa!

Setelah sketsa komiknya jadi, kemudian saya meminta bantuan pada sekelompok siswa yang pandai menggambar untuk membantu membuatkan salinannya pada kertas karton dan mewarnainya menjadi sebuah poster ... dan ternyata hasilnya cukup layak untuk dipajang!

Ketika pertama kali poster- poster itu dipasang di dinding, para siswa berkerumun untuk melihatnya (mungkin karena waktu itu ide ini dipandang aneh dan unik). Saya tidak dapat menebak isi pikiran mereka, namun menurut saya ketika mereka melihat ... secara tak langsung mereka belajar!😉 dan setiap masuk ke lab dan melihat poster tersebut secara tidak langsung mereka mengingat ulang apa yang sudah mereka pelajari 😉 Dan jika ini terjadi secara berulang kali, maka saya yakin bahwa siswa akan mengingat materi - materi tersebut dalam waktu yang lebih lama ... dibandingkan pengulangan secara lisan.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

JOEL

Berikut adalah link contoh - contoh gambar yang bisa dijadikan poster fisika untuk menunjang kegiatan dan proses belajar siswa 

No comments:

Post a Comment