Minggu, 03 Agustus 1997

PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA POSTER

Ide awal gagasan ini bermula dari melihat iklan - iklan komersial yang terpampang di sepanjang tepi jalanan. 

Jika kita sejenak mengingat kembali jalan yang kita lalui dari rumah ke sekolah, maka akan kita dapati ada banyak poster yang terpampang di sepanjang jalan yang menawarkan beragam produk komersial. 

Sekalipun kita tidak berminat akan produk - produk tersebut, namun karena setiap hari melewati dan melihat sekilas posternya, maka secara tidak langsung kita tahu pesan apa yang mereka sampaikan dan bahkan mungkin juga hafal dengan slogan yang ada di poster tersebut.

Bagaimana dengan pelajaran Fisika? Apakah bisa kita menggunakan cara yang sama dalam menyampaikan suatu materi Fisika? 

Ide tentang penggunaan poster sebagai media pengajaran ini pertama kali muncul ketika saya masih di bangku kuliah dan mendapat tugas untuk membuat makalah tentang Strategi Pengajaran Fisika. Waktu itu saya berpikir bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat siswa menjadi tertarik dengan fisika adalah dengan memberikan rangsangan visual sesering mungkin ... mungkin mirip pepatah Jawa yang mengatakan Witing tresno jalaran soko kulino, yang artinya Cinta hadir karena terbiasa. 

Rabu, 30 Juli 1997

PENGGUNAAN NARASI DALAM LEMBAR PANDUAN PRAKTIKUM

Pada sebuah lembar kerja praktikum umumnya terdiri atas beberapa bagian, yaitu : Judul, Alokasi Waktu, Tujuan, Alat dan Bahan, Langkah kerja, Tabel Pengamatan dan Analisa Data serta Kesimpulan. .

Pada bagian langkah kerja biasanya petunjuknya ditulis dalam bentuk serangkaian kalimat perintah yang diberi nomor. Sebagai panduan agar siswa dapat melakukan dengan cermat dan benar langkah demi langkah. 

Kamis, 10 April 1997

PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM

Setelah beberapa tahun mengajar dan menyusun banyak lembar praktikum, yang berisikan teks dan tabel serta gambar ilustrasi yang bersifat teknis, pada suatu hari terbersit satu pemikiran di kepala saya.

" Apakah sebuah lembar praktikum bisa dibuat menjadi lebih menarik dengan tanpa mengurangi fungsinya?"

Sabtu, 11 Januari 1997

MENURUT FISIKA KIAMAT ITU ADA!

Ketika menempuh pendidikan di jenjang SMA sekitar tahun 1989, dalam sebuah kegiatan belajar, guru Fisika saya mengatakan  bahwa peristiwa KIAMAT (akhir dunia) itu ada dan bisa dibuktikan secara Fisika! 

Terus terang saat itu saya tidak begitu paham ataupun percaya dengan pernyataan guru tersebut. Menurut saya pernyataan itu hanyalah pencampuradukan fakta yang mengada - ada saja.

Setelah lulus saya mengambil Diploma Tiga Jurusan Pendidikan Fisika dan kemudian mengajar di sebuah SMP Swasta. Ketika hendak mengajarkan tentang materi Kalor, ingatan saya terlintas kembali akan pernyataan kiamat guru fisika semasa SMA. 

Timbulah rasa penasaran dan ingin tahu untuk membuktikan kebenaran pernyataan guru tersebut. 

Dengan berbekal pengetahuan dari bangku kuliah dan informasi dari buku- buku yang ada, saya mencoba mencari penjelasan teori - teori  fisika terkait dengan akhir dunia atau disebut peristiwa kiamat! 😬😬

Jumat, 10 Januari 1997

MEMAHAMI FISIKA DENGAN PETA KONSEP (2)

 

Melalui sebuah peta konsep yang saya buat ketika masih SMA, saya memahami dan menyimpulkan bahwa dalam pelajaran fisika ada kesalingterkaitan antara sebuah besaran / konsep fisika dengan besaran / konsep yang lain, dan semuanya mengarah pada satu titik temu yang sama, yaitu ENERGI. 

Kesimpulan ini menjadi pegangan bagi saya hingga tahun - tahun berikutnya. 

Ketika menjadi seorang guru muda, menemui soal pada bab energi dan daya listrik yang dapat dengan menghubungkan bentuk energi listrik dan kalor, timbullah suatu pemikiran apakah ada rumus serupa yang menghubungkan semua bentuk - bentuk energi?

Selasa, 23 Januari 1996

PENGAJARAN FISIKA DENGAN LAGU ?

LAGU FISIKA,LAGU RUMUS FISIKA,RUMUS TEKANAN
Di mata sebagian besar siswa, fisika adalah sebuah mata pelajaran yang menakutkan,  serius dan banyak rumus yang harus dihafal


Hal ini tentu saja tidak bisa dipungkiri karena memang kenyataannya demikian adanya.

Namun sudah menjadi tugas bagi seorang guru untuk dapat mengemas materi itu agar menjadi mudah dipahami dan diingat oleh siswa.

Sehubungan dengan ada banyaknya rumus yang harus dihafalkan, saya teringat akan sebuah metode lama yang menggunakan lagu sebagai alat bantu menghafal.

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami ketika diajak guru kita untuk menyanyi lagu "Twinkle - Twinkle Little Star", tetapi syairnya diganti dengan abjad A,B,C,D,E,F,G, ....X,Y,Z. Dengan cerdiknya guru kita menautkan masing - masing abjad itu ke setiap nada dalam lagu tersebut. 

Dan setelah menyanyikannya beberapa kali, tanpa sadar kita menjadi hafal dengan sendirinya keseluruhan abjad latin dari A sampai Z.

BAGAIMANAKAH DENGAN MATA PELAJARAN FISIKA?
  • Apakah bisa rumus - rumus dalam fisika diubah menjadi sebuah lagu?
  • Bagaimana cara melaksanakan pengajaran fisika dengan lagu?

Dalam postingan ini saya ingin berbagi pengalaman sehubungan dengan hal ini.