Sunday, August 19, 2018

PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM

Setelah beberapa tahun mengajar dan menyusun banyak lembar praktikum, yang berisikan teks dan tabel serta gambar ilustrasi yang bersifat teknis, pada suatu hari terbersit satu pemikiran di kepala saya.

" Apakah sebuah lembar praktikum bisa dibuat menjadi lebih menarik dengan tanpa mengurangi fungsinya?"

Pada tahun - tahun sebelumnya, dalam menyusun lembar praktikum saya banyak menggunakan teks dalam membuat panduan langkah- langkah kerjanya. Hal ini dikarenakan keterbatasan teknologi percetakan yang saat itu masih mengandalkan kertas sheet dan mesin stensil.

Jika melihat tampilan lembar kerja hasil karya saya seperti gambar di samping, jujur seandainya jadi siswa, saya akan merasa bosan dan jenuh. Apalagi jika mengingat bahwa pelaksanaan kegiatan praktikum ini adalah sekitar jam 2 siang!

Melihat tumpukan berlembar - lembar LKS yang sudah pernah saya buat, dan mengamati trend para siswa yang saat itu banyak yang menggemari bacaan komik, saya kemudian berpikir, "Bagaimana jika langkah - langkah kerja itu dibuat dalam bentuk komik?"

Tampilan ini sangat berbeda jika dibanding LKS sebelumnya. Dan ketika dibagikan kepada siswa saat pelaksanaan praktikum, beberapa siswa agak bengong dengan perubahan format LKS ini. 

Kegiatan praktikum hari itu berjalan lancar dan berlangsung dalam waktu yang lebih singkat dibanding pelaksanaan praktikum materi yang sama di tahun sebelumnya.

Dalam evaluasi singkat setelah kegiatan, menurut sebagian siswa penggunaan gambar komik ini lebih mudah dipahami dibandingkan kalimat perintah.

Demikian sharing saya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi :)

No comments:

Post a Comment