Saturday, August 14, 2021

DESAIN COVER NOVEL AGATHA CHRISTIE TERBITAN NON GRAMEDIA (1970 - 1984)

Agatha Christie adalah salah satu pengarang novel kriminal yang sangat populer hingga saat ini. Novel- novelnya banyak menghiasi rak toko buku ataupun perpustakaan pribadi. 

Pada umumnya para pembaca mengenal novel ini lewat terbitan Gramedia yang desain covernya dominan dengan warna hitam. Namun selain oleh Gramedia, ternyata cerita itu juga diterbitkan oleh penerbit lain. 

Ketika saya mendapatkan buku - buku terbitan non Gramedia ini, terlepas dari kualitas terjemahannya, saya tertarik dengan gambar- gambar dan desain covernya.

Berbeda dengan novel terbitan Gramedia yang desain covernya cenderung "seragam", novel - novel non Gramedia ini memiliki desain cover beragam sesuai keinginan penerbitnya. Ada yang covernya hasil modifikasi gambar dari versi Inggrisnya atau sekedar mengganti judul saja, namun sepertinya ada yang sengaja dibuat khusus untuk buku tersebut.

Sebagai contoh novel berjudul PEMBUNUHKAH AKU ...? saduran Fransiska, terbitan PELANGI, Januari 1984 ini,  saya menduga bahwa gambar covernya dibuat oleh seniman Indonesia dan dibuat khusus untuk buku tersebut. Lewat warna yang dominan gelap, cover itu menggambarkan kelamnya kasus dalam cerita ini.

Namun tidak selamanya cover novel karya Agatha Christie ini tampil dalam nuansa kelam seperti itu, bahkan adakalanya berwarna - warni.

Berikut adalah beberapa contoh cover novel Agatha Christie terbitan non Gramedia, yang saya susun secara kronologis waktu dan dikelompokkan sesuai penerbitnya.


TERBITAN PELANGI - JAKARTA 

Novel berjudul MISTERY KELUARGA CARCKEN THORPE  ini adalah gubahan dari Iwan CH dari judul asli "What Mrs. Mc.Gilicudy Sow " 

Seperti gambar sebelumnya di atas, sepertinya sang Penerbit membuat ilustrasi sendiri untuk desain covernya. 

Pada buku ini tidak ditemukan tahun terbit.


TAK ADA KETERANGAN PENERBIT 

Novel berjudul Misteri Sebuah Pembunuhan ini adalah terjemah dari novel berjudul Am I Murder? Oleh Christina. Pada buku terbitan November 1983 ini tidak tertulis nama penerbitnya. 











TERBITAN MEKAR JAYA - BANDUNG 

Novel berjudul PEMBUNUHAN GANJIL  terjemahan Ira Imawanto mengambil desain langsung dari veris Inggrisnya dengan judul An Overdose of Death terbitan Dell tahun 1983. 
Berikut adalah beberapa novel Agatha Christie Terbitan Mekar Jaya yang lain.
Poirot Kalah Taruhan, diterjemahkan oleh Ira Iramanto, judul aslinya Poirot Loses A Client. Pada buku ini tidak tercantum tahun terbitan.
Pembunuhan Di Taman, diterjemahkan oleh Ira Iramanto dari judul Murder in The Mews 
Cermin Pengungkap Misteri, terjemahan Ernest dari novel berjudul Dead Mans Mirror.
Rumah Sial. Terjemahan Ira Samanto dari novel berjudul Crooked House 
Langkah Langkah Maut. Terjemahan V. Gunawan dari novel judul Boomerang Glue 

TERBITAN SURYA - JAKARTA (1982)

Novel MISTERY KEMATIAN TERPENDAM hasil gubahan Vicky Gunawan ini desain covernya mengadaptasi dari versi Bahasa Inggrisnya dengan judul "Murder in Retrospect"


TERBITAN U.P. SANJAYA (1981)

Novel  berjudul NATAL BERDARAH alih bahasa oleh Erwin ini, desain covernya langsung meniru dari versi Bahasa Inggrisnya. Pada novel ini tidak ditemukan tahun terbit, tetapi ada keterangan bahwa naskah selesai diterjemahkan : 10 Juli 1981. Belakangan desain cover ini juga digunakan oleh Gramedia. 


TERBITAN SASTRA KUMALA - BANDUNG (1980)

Ketika melihat cover novel RAUNGAN KEMATIAN (The Hound of Death) gubahan Sonny Suriaatmadja ini kesan pertama kali timbul adalah misterius. 

Background kuning dan gambar ilustrasinya terkesan penuh misteri. 

Novel ini cetak pertama Juni 1980 dan desain covernya dikerjakan oleh Rio Purbaya. 


TERBITAN SENJA INDAH - JAKARTA (1978)

Sesuai dengan judulnya KEGELAPAN YANG TIADA AKHIR (Endless Night), sampul novel gubahan Martha ini menampilkan foto yang menggambarkan seorang yang terikat dengan latar belakang hitam. 

Situasinya tergambar melalui gambar ini adalah ketidakberdayaan, ketidakpastian dan rasa frustasi. 

Cetakan Pertama novel ini terbit pada November 1978 


TERBITAN SARANA MEDIA (1977)

Novel TRAGEDI DI STYLES (The Mystery At Styles) dan KEMATIAN DI SUNGAI NIL ini adalah karya saduran dari Henky K. Novel pertama terbit 1977 dan yang kedua Agustus 1977.  

Mendapati kedua buku ini, kesan saya cover novel ini terinspirasi dari film - film James Bond. Benarkah?


TERBITAN POCKET BOOK / YAYASAN KARYA BHAKTI - BANDUNG (1977)

Pada Bulan Januari dan Februari, Pocket Book menerbitkan judul : Peranan Tuan Parker Pyne (Parker Pyne Investigates, Alih Bahasa D'Marc) dan N atau M? (N or M? Alih bahasa Neo) 

 

Dan pada Mei 1977 menerbitkan Pertemuan Maut (Appointmen With Death, alih bahasa Meisdi) dan Pembunuhan Segitiga (Hickory Dickory Death, alih bahasa Y. Sura B.A.) dan rencana kulit oleh Denny 


Cover novel Pembunuhan Segitiga tampaknya terinspirasi dari buku serupa terbitan Fontana Books dengan judul A Caribbean Mystery tahun 1966. Desain ini juga dipakai oleh Gramedia untuk judul Misteri Karibia. 

TERBITAN BUKU ROKET [1970?]

Buku Roket adalah label sekelompok novel yang diterbitkan oleh Magic Centre Publishers, Djl. Radjawali Selatan V/1 Djakarta. Novel terjemahannya masih menggunakan Bahasa Indonesia ejaan lama dan mengangkat tema detektif dan petualangan. 

Novel Tiada Ampun Bagi Terdakwa (Witness For The Prosecution) ini di-Indonesiakan oleh Narto Erawan Dalimartha. Pada buku ini tidak ditemukan tahun terbit atau angka lain yang menunjukkan waktu penerbitan buku tersebut, namun melihat bahasa yang digunakan, diperkirakan terbit sekitar tahun 1970 an. 


Demikian sharing saya, semoga menghibur dan memberi inspirasi :) 



No comments:

Post a Comment