Monday, January 15, 2024

HUBUNGAN ANTARA KOMIK HENRY, LITTLE LULU DAN LITTLE AUDREY

Henry, Little Lulu dan Little Audrey adalah 3 karakter fiktif yang dalam ceritanya tidak saling terhubung satu sama lain dan dibuat oleh seniman yang berbeda pula. 

Namun dalam dunia nyata ternyata terdapat hubungan antara ketiga karakter tersebut.

HENRY (1932)

Henry adalah karakter fiktif yang merepresentasikan seorang anak lelaki berkepala gundul yang dalam aksi awalnya "tidak berbicara". Karakter ini dicipta oleh Carl Thomas Anderson dan muncul pertama kali pada majalah The Saturday Evening tanggal 19 Maret 1932.

Saat penerbitan karyanya ini usia Anderson sudah 67 tahun!
 
Karakter Henry ini kemudian berlanjut tampil di majalah ini pada penerbitan selanjutnya, baik dalam format single ,dobel atau multiple panel.

Ketika melihat publikasi Henry di Jerman, William Randolph Hearst mengontrak Anderson untuk masuk dalam King Features Syndicate. Dan sejak 17 Desember 1934 komik Henri mulai didistribusikan.

Pada tanggal 22 November 1935, karakter Henry sempat hadir bersama Betty Boop dalam film animasi berjudul "Funniest Living American". Dalam film ini alih - alih tampil bisu, Henri tampak berbicara dengan seekor anjing.

Tahun 1942 dikarena terkena athritis, Anderson berhenti menggambar dan pekerjaannya dilanjutkan oleh kedua asistennya Don Trachte (mengerjakan untuk komik hari Minggu) dan John Liley (selain hari Minggu). 

Ketika Trachte ditugaskan dalam Perang Dunia II, John Liley menghandle penuh komik ini, hingga kedatangan kembali rekannya di tahun 1945. 

Pada tahun 1979 Liley pensiun, sedangkan Trachte tetap melanjutkan edisi hari Minggu hingga tahun 2005.

Ketika Liley pensiun, pekerjaannya dilanjutkan oleh Jack Tipit hingga tahun 1983 dan selanjutnya oleh Dick Hodgins pada tahun 1985.

LITTLE LULU (1935)

Karena Carl Thomas Anderson berpindah ke King Features Syndicate, The Saturday Evening menugaskan Marjorie Henderson Buell (Marge) untuk membuat karakter baru sebagai pengganti Henry. 

Buell kemudian mencipta seorang gadis kecil yang diberi nama Little Lulu. 

Karakter ini pertama kali muncul dalam bentuk kartun satu panel di halaman The Saturday Evening Post tanggal 23 Februari 1935, dan kemudian terus berlanjut hingga 30 Desember 1944. 

Selanjutnya menjadi komik reguler. Buel sendiri berhenti menggambar komik strip ini pada tahun 1947. Dan selanjutnya diteruskan oleh artos yang lain. Buel hanya menangani kontrol kreatifnya. 
Bekerja sama dengan Paramount Pictures - Famous Studio, Little Lulu tampil dalam film animasi berjudul "Eggs Don't Bounce", yang dirilis pada tanggal 14 Desember 1943. 

Selanjutnya hingga tahun 1948, Famous Studio memproduksi film animasi Lulu sebanyak 26 eisode. 

Pada tahun 1948, dikarenakan gagal dalam negosiasi kontrak, akhirnya produksi serial ini dihentikan.

Mulai 5 Juni 1950 hingga Mei 1969 Little Lulu tampil dalam bentuk komik strip.

LITTLE AUDREY (1948)

Karena gagal dalam negosiasi kontrak, Paramount melalui seniman Seymour Kneitel dan Bill Tytla menciptakan karakter baru pengganti Lulu, yaitu Little Audrey.

Karakter baru ini digambarkan sebagai gadis kecil berambut coklat kemerahan menggunakan pita dan 3 kuncir rambut. Mengenakan gaun kecil dengan lengan gembung, kaos kaki putih dan sepatu Mari Jane Hitam.

Little Audrey pertama kali muncul dalam noveltoon berjudul "Santa's Surprise" yang dirilis tanggal 5 Desember 1947 dan memiliki serinya sendiri pada 16 Juli 1948 melalui judul "Butterscotch and Soda".

Dalam bentuk komik cerita Little Audrey diterbitkan oleh St. John Publication sebanyak 24 issue, dari April 1948 - Mei 1952 . Dan pada tahun 1952, lisensi Little Audery dipegang oleh Harvey Comics.



No comments:

Post a Comment