Beberapa waktu yang lalu, saya pernah memposting sharing pengalaman tentang penggunaan poster fisika sebagai media pengajaran. Selasa, 05 Agustus 1997
CONTOH POSTER SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN FISIKA
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah memposting sharing pengalaman tentang penggunaan poster fisika sebagai media pengajaran. Minggu, 03 Agustus 1997
PENGAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA POSTER
Rabu, 30 Juli 1997
PENGGUNAAN NARASI DALAM LEMBAR PANDUAN PRAKTIKUM
Pada sebuah lembar kerja praktikum umumnya terdiri atas beberapa bagian, yaitu : Judul, Alokasi Waktu, Tujuan, Alat dan Bahan, Langkah kerja, Tabel Pengamatan dan Analisa Data serta Kesimpulan. .
Pada bagian langkah kerja biasanya petunjuknya ditulis dalam bentuk serangkaian kalimat perintah yang diberi nomor. Sebagai panduan agar siswa dapat melakukan dengan cermat dan benar langkah demi langkah.
Kamis, 10 April 1997
PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM
" Apakah sebuah lembar praktikum bisa dibuat menjadi lebih menarik dengan tanpa mengurangi fungsinya?"
Sabtu, 11 Januari 1997
MENURUT FISIKA KIAMAT ITU ADA!
Setelah lulus saya mengambil Diploma Tiga Jurusan Pendidikan Fisika dan kemudian mengajar di sebuah SMP Swasta. Ketika hendak mengajarkan tentang materi Kalor, ingatan saya terlintas kembali akan pernyataan kiamat guru fisika semasa SMA.
Timbulah rasa penasaran dan ingin tahu untuk membuktikan kebenaran pernyataan guru tersebut.
Dengan berbekal pengetahuan dari bangku kuliah dan informasi dari buku- buku yang ada, saya mencoba mencari penjelasan teori - teori fisika terkait dengan akhir dunia atau disebut peristiwa kiamat! 😬😬
Jumat, 10 Januari 1997
MEMAHAMI FISIKA DENGAN PETA KONSEP (2)
Melalui sebuah peta konsep yang saya buat ketika masih SMA, saya memahami dan menyimpulkan bahwa dalam pelajaran fisika ada kesalingterkaitan antara sebuah besaran / konsep fisika dengan besaran / konsep yang lain, dan semuanya mengarah pada satu titik temu yang sama, yaitu ENERGI.
Kesimpulan ini menjadi pegangan bagi saya hingga tahun - tahun berikutnya.
Ketika menjadi seorang guru muda, menemui soal pada bab energi dan daya listrik yang dapat dengan menghubungkan bentuk energi listrik dan kalor, timbullah suatu pemikiran apakah ada rumus serupa yang menghubungkan semua bentuk - bentuk energi?




